Rabu 22 Jun 2016 10:22 WIB

Argentina ke Final Copa America Setelah Singkirkan AS

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Gonzalo Higuain (tengah), pencetak dua gol Argentina pada babak kedua.
Foto: Troy Taormina-USA TODAY Sports
Gonzalo Higuain (tengah), pencetak dua gol Argentina pada babak kedua.

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Argentina memastikan tampil pada artai puncak Copa America Centenario 2016. Ini setelah Tim Tango sukses membungkam tuan rumah Amerika Serikat dengan skor telak 4-0 pada babak semifinal di NRG Stadium, Texas, Rabu (22/6). 

Argentina memulai pertandingan dengan sempurna. Tim Tango langsung memberikan tekanan kepada AS dan mampu mencetak gol cepat pada menit ketiga melalui tandukan Ezequiel Lavezzi.

Proses gol cepat itu bermula dari tendangan sudut yang diarahkan kepada pemain tengah, Ever Banega. Pemain anyar Valencia itu meneruskan bola ke Lionel Messi, yang selanjutnya melepaskan umpan cungkil ke Lavezzi. Bola ditanduk sempurna oleh mantan penyerang Paris Saint-Germain ini.

Unggul satu gol, Argentina tidak mengendurkan serangan, mereka terus mengontrol pertandingan. Kondisi yang membuat AS bertahan total demi tidak kebobolan untuk kali kedua.

Serangan yang terus dilancarkan Tim Tango kembali membuahkan hasil melalui tendangan bebas setelah Wondolowski menghentikan pergerakan Messi.

Pemain Barcelona itupun mengambil eksekusi tendangan bebas, yang diarahkan menuju pojok kiri atas gawang Tim Howard. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Argentina.

Memasuki babak kedua, Argentina langsung menyerang pertahanan Amerika. Mereka seolah belum puas dengan keunggulan dua gol pada babak pertama. Lima menit babak kedua berjalan, giliran Gonzalo Higuain menctatkan namanya di papan skor.

Mendapat umpan silang dari Lavezzi, striker Napoli itu dengan mudah mengontrol dan menembakkan bola ke gawang Amerika.

AS pun dalam kondisi payah untuk bangkit. Clint Dempsey dan kawan-kawan kesulitan membongkar pertahanan Argentina.

Menit ke-83, Messi lolos dari jebakan offside, tapi kiper Brad Guzan dengan cepat mengeblok tendangan kaki kiri megabintang Barcelona itu.

Higuain akhirnya menggenapi kemenangan Tim Tango dengan gol pada menit 86, kembali memanfaatkan umpan dari Messi.

Argentina tinggal menunggu pemenang laga Kolombia kontra Cile pada laga final nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement