Kamis 30 Jun 2016 18:46 WIB

Nama Scolari Masuk dalam Kriteria Calon Pelatih Inggris

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Bilal Ramadhan
Luis Felipe Scolari
Foto: Reuters/Stefano Rellandini
Luis Felipe Scolari

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Nama mantan pelatih Timnas Brasil Luiz Filipe Scolari muncul di deretan sejumlah kandidat kuat calon pelatih Timnas Inggris. Scolari, mantan pelatih Chelsea itu menjadi satu di antara banyak nama calon pelatih dari luar Inggris yang diminati Federasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk membesut skuad Three Lions.

Sky Sport mengabarkan, saat ini peluang teratas pengganti Roy Hodgson di kursi kepelatihan Timnas Inggris memang kuat mengarah ke nama Gareth Southgate yang selama ini dipercaya membesut U21 Inggris. Akan tetapi, dikatakan FA hanya menghendaki Southgate sebagai pelatih sementara waktu.

Menanggapi namanya masuk dalam sejumlah calon pelatih Inggris, Scolari pun mengaku mengerti kebutuhan skuad Three Lions itu. Hanya kata dia, dirinya sedang memikirkan satu pekerjaan yang dilakoninya saat ini. Scolari saat ini memang sedang berada di Liga Timur Jauh, melatih kesebesan Cina, Guangzhou Evergrande.

"Saya sedang berkonsentrasi dengan pekerjaan saya di sini. Tapi saya pun tahu pentingnya pekerjaan di Inggris," ujar dia kepada Daily Mail seperti dilansir Sky Sport, Kamis (30/6). "Saya menyadari pentingnya seorang pelatih bagi Timnas Inggris," sambung dia.

Sky Sport mengungkapkan, FA sebetulnya pernah menawari Scolari untuk melatih Timnas Inggris pada 2006 lalu untuk menggantikan pelatih Sven Goran Erikson. Tapi, pelatih 66 tahun itu, menolak tawaran tersebut. Scolari lebih memilih tetap bertahan bersama Timnas Portugal dan pernah mengantarkan negara itu ke final Piala Eropa 2004 dan semi final Piala Dunia 2006.

Scolari dinilai pantas melatih timnas karena memang nema besarnya berangkat dari kiprahnya melatih sejumlah skuad-skuad negara. Sukses besarnya ketika membawa Timnas Brasil juara dunia pada 2002 dan menuntun Tim Samba ke semi final Piala Dunia 2014 dengan mengandaskan Jerman 1-7.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement