Jumat 15 Jul 2016 23:49 WIB

Indonesia Pamerkan Seragam Defile Olimpiade

Seragam defile kontingen Indonesia pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.
Foto: istimewa
Seragam defile kontingen Indonesia pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kontingen Indonesia memamerkan seragam defile yang akan dipakai pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil pada 5 Agustus mendatang.

"Seragam ini merupakan perpaduan antara jas dan batik. Motif batik pada seragam ini mencerminkan Indonesia sebagai negara besar dan kaya akan budaya," kata Ketua Kontingen Indonesia dalam Olimpiade Rio 2016 Raja Sapta Oktohari kepada media di Jakarta, Jumat (15/7) malam.

Seragam defile kontingen Merah-Putih itu merupakan hasil kreasi Prima Suci Ariani yang menampilan perpaduan motif garuda dengan motif parang dalam busana model jas.

"Tapi, seragam ini hanyalah bagian kecil dari pakaian lain adat di Indonesia yang akan kami tampilkan dalam defile Olimpiade nanti," ujar Okto.

Okto mengatakan para pria dari kontingen Indonesia juga akan memakai ikat kepala khas Bali atau udeng selain unsur pakaian dari daerah lain seperti Papua.

Suci mengaku desain seragam defile kontingen Indonesia itu merupakan karya pertamanya yang akan dipakai mewakili Merah-Putih dalam ajang internasional.

"Saya banyak berdiskusi dengan Okto untuk seragam itu. Misalnya, motif sayap burung garuda yang melambangkan semangat Indonesia. Sedangkan motif parang melambangkan kesinambungan prestasi olahraga Tanah Air," ujar Suci.

Pemilik toko batik Cita Prima itu mengatakan telah diminta merancang seragam defile kontingen Indonesia pada pertengahan Mei 2016.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement