Ahad 17 Jul 2016 02:33 WIB

'Tanpa Messi, Argentina Tetap Kompetitif'

Lionel Messi saat mengantarkan Argentina menaklukkan Panama 5-0 di gelaran Copa Amerika, Sabtu (11/6).
Foto: reuters
Lionel Messi saat mengantarkan Argentina menaklukkan Panama 5-0 di gelaran Copa Amerika, Sabtu (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CHENNAI -- Argentina akan berjuang dalam turnamen sepak bola akbar meski Lionel Messi pensiun dari sepak bola internasional setelah kekalahan adu penalti dari Cile pada final Copa America bulan lalu. Pendapat ini dutarakan mantan penyerang Argentina Hernan Crespo.

Messi (29), yang telah menjadi Pemain Terbaik Dunia sebanyak lima kali, merupakan pencetak gol terbanyak Tim Tango dengan 55 gol. Namun nasibnya tak mengilap di timnas. Ia a telah bermain pada tiga final Copa America yakni pada 2007, 2015, dan 2016, plus final Piala Dunia 2014, namun tak sekalipun Argentina menang.

Meski laporan-laporan media menyebutkan bahwa penyerang Argentina itu mempertimbangkan ulang keputusannya, Crespo (41), mengatakan fokus saat ini sebaiknya diarahkan untuk memastikan Argentina tetap menjadi salah satu kekuatan sepak bola utama dunia. Kemudian mengambil langkah selanjutnya untuk mengakhiri penantian trofi negara ini yang telah berlangsung 23 tahun.

"Tim nasional Argentina sangat kompetitif. Jika Anda menyaksikan tiga turnamen terakhir, dua final Copa America dan final Piala Dunia, kami kompetitif, sampai di final ajang-ajang besar," kata dia kepada para pewarta, Sabtu (16/7).

Ia berharap dapat melihat Tim Tango menang. Crespo tidak ingin berkata kegagalan Argentina merupakan kesalahan Messi.

Menurut Crespo, Messi bermain sangat baik. Ia merupakan pencetak gol terbanyak untuk tim nasional dan pemain terbaik di dunia. Mantan penyerang Parma menilai Argentina hanya tak beruntung.

"Namun ini bukan mengenai Messi. Ini mengenai 23 tahun terakhir tim nasional tidak pernah menang (trofi utama). Ya kami memenangi Olimpiade (pada 2004 dan 2008) namun, di saat yang sama, kami kalah pada banyak final. Bagaimanapun, kami tetap kompetitif. Ini hanya jalannya. Menurut saya mungkin pada lain waktu kami akan menang."

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement