Sabtu 30 Jul 2016 18:23 WIB

Kalahkan Persipura, MU Kudeta Arema di Puncak Klasemen ISC

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Para pemain Madura United merayakan gol ke gawang Persipura Jayapura.
Foto: indonesiansc.com
Para pemain Madura United merayakan gol ke gawang Persipura Jayapura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Madura United berhasil megudeta Arema Cronus dari puncak klasemen sementara Indonesia Soccer Championship (ISC) A. Ini setelah MU menaklukkan Persipura Jayapura 2-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu (30/7).

Dua gol Madura United dicetak oleh Dane Vilovanovic pada babak pertama dan Bayu Gatra di paruh kedua.

 

Madura United mengoleksi 30 poin dari sembilan kemenangan, tiga kali imbang, dan hanya satu kali menelan kekalahan. Sedangkan dengan hasil ini, Persipura harus tetap duduk di peringkat tujuh dengan perolehan 19 laga. Hingga pekan ke-13, Persipura baru meraih lima kali kemenangan, empat hasil imbang, dan tiga kali menelan kekalahan. 

Bermain di depan ribuan pendukung sendiri, Madura United mencoba untuk mencuri gol lebih dulu dengan melancarkan serangan sejak kick off babak pertama. Striker asing, Pablo Rodrigues memiliki peluang untuk menjebol gawang Persipura lebih dulu melalui tandukannya. Namun bola hasil tandukannya masih melambang sedikit di atas mistar gawang.

Pada pertengahan babak pertama, giliran tim tamu memiliki keunggulan untuk mengubah angka di papan skor. Peluang tersebut bermula dari kemelut yang terjadi di kotak penalti Madura United.

Boakay Eddy Foday mencoba untuk mendorong bola ke mulut gawang dengan menjatuhkan diri. Sayangnya, bola sepakannya masih terlalu lemah sehingga masih bisa diantisipasi oleh kiper Madura United, Hery Prsetyo.

Setelah terus menerus memberikan ancaman, akhirnya Madura United berhasil menjebol gawang Persipura Jayapura melalui gol spektakuler Dane Milovanovic pada menit ke-33. Berawal dari keselahan pemain bertahan Persipura dalam mengontral bola di tengah lapangan, yang kemudian direbut oleh Dane.

 

Melihat penjaga gawang Persipura, Ferdiansyah berdiri jauh dari mulut gawang, Dane langung menembakkan bola ke arah gawang. Bola sempat di tepis oleh Ferdiansyah, tapi laju bola terlalu deras menghujam tajam ke dalam gawang.

Setelah unggul satu gol, MU kembali menjebol gawang tim Mutiara Hitam tak lama setelah babak kedua bergulir. Gol kedua Madura United dicetak oleh Bayu Gatra pada menit ke-51. Berawal dari umpan daerah Dane Milovanovic yang mampu kejar oleh Bayu, ia kemudian mencungkil bola melewati Ferdiansyah yang terlambat maju. 

Pada sisa laga, Tim Mutiara Hitam berusaha untuk mengejar ketertinggalan dengan memasukkan sejumlah pemain mudanya. Namun solidnya permainan tim tuan rumah membuat mereka selalu gagal menjebol gawang Hery Prasetyo.

Bahkan lini pertahanan anak asuhan Jafri Sastra kerap kerepotan menghadapi serangan balik Madura United. Akibatnya hingga babak kedua selesai keunggulan Madura United tetap bertahan.

Dengan hasil ini, Madura United berhasil menggeser Arema Cronus dari puncak klasemen sementara Indonesia Soccer Championship (ISC) A. Kini mereka mengoleksi 30 poin dari sembilan kali kemenangan, tiga kali imbang dan hanya satu kali menelan kekalahan. Sedangkan dengan kekalahan ini Persipura harus tetap duduk di peringkat tujuh dengan perolehan 19 laga. Hingga pekan ke-13 Persipura baru meraih lima kali kemenangan, empat kali hasil imbang dan tiga kali menelan kekalahan. (Ali Mansur)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement