Rabu 03 Aug 2016 12:06 WIB

Bekas Pemain Juventus Didaulat FIFA Jadi Analis Pertandingan Olimpiade

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Sunday Oliseh
Foto: EPA PHOTO/ANSA/Gianni CONGIU
Sunday Oliseh

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO-- Bekas gelandang Juventus era 90-an Sunday Oliseh mendapat kepercayaan dari otoritas sepak bola dunia FIFA untuk jadi analis pertandingan sepak bola Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil.

Oliseh ditugaskan FIFA untuk memantau dua pertandingan yaitu antara Nigeria melawan Jepang pada 5 Agustus dan Nigeria melawan Kolombia pada 10 Agustus. 

“Sangat menyenangkan mendapat kepercayaan dari FIFA. Apalagi, saya memantau pertandingan Nigeria. Saya tidak sabar untuk bekerja,” ucap Oliseh, dikutip dari laman Vanguard, Rabu (3/8).

Menyaksikan pertandingan Nigeria sudah tidak asing lagi buat Oliseh. Sejak 2015 sampai pertengahan tahun 2016 ini, ia adalah pelatih tim nasional Nigeria.

Jauh sebelum itu, mantan pemain yang kini berusia 41 tahun itu juga sembilan tahun membela Nigeria di berbagai ajang. Yaitu dari 1993-2002. Puncak kariernya adalah membawa Elang Super meraih medali emas Olimpiade 1996 di Prancis.

Dalam karier sebagai pemain Oliseh malang melintang di sepak bola Eropa. Klub-klub yang pernah ia bela selain Juventus adalah Reggiana, Ajax Amsterdam, FC Koeln, Borussia Dortmund, Wolfsburg, dan Racing Genk. 

Nigeria tergabung di Grup B ada Olimpiade kali ini. Mereka akan bersaing dengan Jepang, Kolombia dan Swedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement