Rabu 03 Aug 2016 21:28 WIB

Kemenpora akan Ingatkan PSSI Soal Tuntutan Bonek

Para pendukung Persebaya, Bonekmania.
Para pendukung Persebaya, Bonekmania.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan akan mengingatkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia soal tuntutan pendukung fanatik klub sepak bola Persebaya, Bonekmania.

"Kami kapasitasnya sebagai penanggung jawab bidang olahraga sesuai undang-undang bisa mengingatkan nanti pada saat kongres untuk konsisten. Ini loh, mereka sempat tanda tangan sehingga suporter yang sempat ketakutan Exco nanti diganti tak usah khawatir, Exco boleh berganti tapi sistem tidak berganti," kata Deputi IV Bidang Olahraga dan Prestasi Kemenpora Gatot S Dewabroto di depan ribuan Bonek yang berada di Stadion Tugu, Jakarta, Rabu (3/8).

Gatot menyebutkan bahwa PSSI berniat untuk membicarakan kembali masalah Persebaya dan klub-klub lainnya yang sempat berseberangan dengan federasi sepak bola Indonesia tersebut. "Dalam pembukaan kongres, Pak Hinca menyebutkan akan berembug kembali dan mengundang kembali mereka yang selama ini bersebrangan dengan PSSI," ucap Gatot.

Gatot juga mengimbau pihak-pihak yang selama ini berseberangan untuk mengakui adanya kesalahan di waktu yang lalu-lalu sehingga tidak menjadi konflik yang berkepanjangan dalam sepa bola nasional. "Jadi sampaikan kesalahannya, toh 'anak kandung' itu bisa dibina, itu jaminannya," ujar Gatot.

Sebelumnya, dikabarkan PSSI berencana akan memulihkan kembali status tujuh klub yang sempat dicoret dari keanggotaan PSSI yakni Persebaya Surabaya, Arema Indonesia, Persema Malang, Persibo Bojonegoro, Lampung FC, Persipasi Bekasi dan Persewangi Banyuwangi.

Kendati demikian rencana pemulihan tersebut tida bisa dilakukan dalam KLB tanggal 3 Agustus 2016 ini, namun PSSI menyatakan akan berusaha mengesahkannya saat agenda kongres mendatang yang rencananya dilakukan pada 17 Oktober mendatang.

Seperti diketahui Bonekmania telah melakukan aksi "Geruduk Ibu Kota" untuk menyampaikan tuntutan mereka langsung pada pejabat PSSI.

Tuntutan tersebut yaitu mendesak PSSI memulihkan status keanggotaan Persebaya, kedua mendesak PSSI mengakui dan mengikutsertakan Persebaya di kompetisi nasional, ketiga menanyakan tindak lanjut sengketa perebutan merek dan logo Persebaya yang melibatkan PT Persebaya Indonesia (PTPI) dengan PT Mitra Muda Inti Berlian (PT MMIB).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement