Selasa 09 Aug 2016 07:37 WIB
Olimpiade 2016

Eko Yuli Irawan Raih Perak, Indonesia Peringkat Ke-21

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Israr Itah
Eko Yuli Irawan (kiri) memegang medali perak yang diraihnya dari cabang angkat besi nomor 62 kg putra.
Foto: REUTERS/Yves Herman
Eko Yuli Irawan (kiri) memegang medali perak yang diraihnya dari cabang angkat besi nomor 62 kg putra.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO — Indonesia kembali mendapatkan sumbangan medali perak dari angkat besi. Kali ini, perak dipersembahkan oleh lifter Eko Yuli Irawan yang bertanding pada nomor 62 kg putra.

Sumbangan perak Eko Yuli ini membuat posisi Indonesia sementara naik ke peringkat ke-21. Indonesia dan Selandia Baru sama-sama mengoleksi dua perak. Sebelumnya, Indonesia meraih medali perak pertama dari lifter putri Sri Wahyuni.

Eko Yuli mencatatkan total angkatan 312 kg. Ia terpaut 6 kg dari peraih emas Oscar Albeiro Figueroa. Sedangkan perunggu diraih oleh lifter Kazakhstan Farkhad Kharki. Ia mengumpulkan total angkatan 305 kg.

Eko Yuli langsung menggebrak dengan angkatan snatch 142 kg pada kesempatan pertama. Ia mengungguli Figueroa yang mengangkat beban 137 kg. 

Tapi Eko Yuli gagal dalam dua angkatan berikutnya dengan beban 146 kg. Sementara Figueroa berhasil menyamakan angkatan Eko Yuli seberat 142 kg pada kesempatan kedua.

Peluang meraih emas pupus setelah dalam angkatan clean and jerk Eko Yuli gagal pada kesempatan kedua dan ketiga. Pada kesempatan pertama, ia mengangkat beban 170 kg, sementara Figueroa manaklukkan beban 172 kg.

Eko Yuli mencoba 176 kg pada angkatan kedua, namun gagal. Sedangkan Figueroa berhasil.

Pada angkatan ketiga keduanya sama-sama mencoba angkatan 179 kg dan gagal. Tapi keunggulan pada angkatan sebelumnya membuat Figueroa tampil sebagai juara.

Lifter Indonesia lainnya yang juga berlaga pada nomor 62 ini, Muhamad Hasbi hanya mampu menempati peringkat ketujuh. Ia mencatatkan total angkatan 290 kg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement