Rabu 10 Aug 2016 03:44 WIB

Korea Selatan dan Korea Utara Kembali Bersatu Lewat Atlet Olimpiade

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nur Aini
Atlet Korsel Lee Eun-ju berfoto bersama Hong Un-jong di Olimpiade Rio 2016
Foto: news.trust.org
Atlet Korsel Lee Eun-ju berfoto bersama Hong Un-jong di Olimpiade Rio 2016

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO – Olimpiade Rio de Janeiro 2016 merupakan ajang bagi belasan ribu atlet dari 206 negara. Di antaranya, dua negara tetangga yang saling bertentangan ideologi, yakni Korea Utara dan Korea Selatan.

Bagaimanapun, olah raga mampu mencairkan ketegangan politik. Sebagaimana laporan BBC, Selasa (9/8), publik dunia menyaksikan momen inspiratif yang ditunjukkan dua atlet senam.

Atlet Korea Selatan, Lee Eun-ju (17 tahun), tampak menyapa atlet Korea Utara Hong Un-jong (27 tahun) saat sesi latihan sebelum pertandingan dimulai.

Kemudian, Lee mengajak Hong untuk melakukan swafoto (selfie) menggunakan kamera ponsel. Kedua perempuan itu tersenyum manis.

Aksi selfie ini mengundang apresiasi banyak kalangan. Pengamat politik internasional Ian Bremmer berkomentar dengan menulis di akun Twitter-nya, “Inilah kenapa kita menggelar Olimpiade.” Cuitan itu dibagikan lebih dari 18 ribu kali.

“Olah raga memang menyatukan semua,” sambung cuitan yang lain.

Bahkan, tak sedikit pengguna internet yang menyebut swafoto dua atlet tersebut sebagai “foto paling ikonik” di Olimpiade 2016, meskipun baru beberapa hari ajang ini dihelat.

Walaupun begitu, ada pula cuitan yang memandang sinis. Salah satunya bertanya, apakah Hong tak akan menghadapi hukuman dari otoritas Korea Utara begitu kembali dari Rio.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement