Sabtu 13 Aug 2016 09:04 WIB

Lionel Messi Batalkan Pensiun dari Timnas Argentina

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Bilal Ramadhan
Lionel Messi
Foto: Youtube
Lionel Messi

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Meski kurang dari dua bulan sejak menyatakan ingin pensiun dari tim nasional, namun nama Lionel Messi dilaporkan disebut dalam skuat timnas Argentina untuk kualifikasi Piala Dunia.

Legenda sepakbola berusia 29 tahun itu menyatakan pensiun setelah kekalahan terakhir Argentina melawan Cile di Copa Argentina pada  Juni lalu. Namun, dalam sebuah pernyataan yang  dilaporkan oleh media setempat, striker Barcelona itu mengatakan ia telah membuat keputusan untuk membantu negaranya.

Argentina akan memainkan kualifikasi melawan Uruguay dan Venezuela pada awal September mendatang. Messi gagal mencetak gol saat adu penalti dalam kekalahan Argentina di final Copa dari Cile. Kekalahan yang membuat Argentina mencatatkan kekalahan keempat kalinya di final dalam sembilan tahun.

"Banyak hal terlintas dalam pikiranku pada malam final, dan saya sempat berpikir serius untuk berhenti, tapi cinta saya untuk negara dan seragam ini terlalu besar," ungkap Messi, dilansir dari BBC, Sabtu (13/8).

"Kami harus memperbaiki banyak hal di sepakbola Argentina, tapi saya lebih memilih untuk melakukan ini dari dalam dan tidak mengkritik dari luar," tambahnya.

Messi dinamai dalam skuat pelatih baru Argentina, Edgardo Bauza, bersamaan dengan trio Manchester City, Sergio Aguero, Pablo Zabaleta, dan Nicolas Otamendi. Selain itu, pemain Manchester United juga disebutkan di antaranya Sergio Romero dan Marcos Rojo. Di samping pemain Everton, Ramiro Funes Mori.

Penghargaan utama Messi di sepakbola internasional ialah peraihan medali emas Olimpiade di Beijing pada 2008. Selain kehilangan dua final Copa America dalam adu penalti dari Cile, bintang Barca ini juga berada di tim Argentina saat dikalahkan 1-0 oleh Jerman di final Piala Dunia 2014.

Peraih Ballon d'Or sebagai pemain terbaik dunia lima kali itu juga mengalami kekalahan saat Argentina melawan Brasil di final Copa America pada 2007. Messi telah mencetak 55 gol dalam 133 penampilannya untuk Argentina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement