Ahad 14 Aug 2016 04:38 WIB
Olimpiade 2016

Joseph Schooling tak Bisa Raih Emas Tanpa Michael Phelps

Perenang AS Michael Phelps memberi selamat perenang Singapura Joseph Schooling usai penganugrahan medali di Olimpiade Rio. Sabtu (13/8), Schooling mengalahkan Phelps di kategori renang gaya kupu-kupu.
Foto: Reuters
Perenang AS Michael Phelps memberi selamat perenang Singapura Joseph Schooling usai penganugrahan medali di Olimpiade Rio. Sabtu (13/8), Schooling mengalahkan Phelps di kategori renang gaya kupu-kupu.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Peraih medali emas pertama untuk Singapura Joseph Schooling kemenangannya bisa menunjukkan bahwa negara terkecil sekalipun bisa melakukan hal besar. Schooling meraih emas lewat cabang renang kategori gaya kupu-kupu di 100 meter.

Pemuda berusia 21 tahun itu berharap juga bisa membuka jalan baru bagi olahraga di Singapura. "Harapannya ini mengubah budaya dan pola pikir terhadap olahraga, itu adalah mimpi saya," katanya, dikutip dari Channel News Asia, Ahad (14/8).

Mahasiswa University of Texas itu menambahkan upaya meraih emas tidak mudah. Banyak tekanan yang bersandar di pundaknya. Schooling, dalam wawancara media berdampingan dengan Michael Phelps, ditanya apa perasaannya bisa mengalahkan idolanya yakni Phelps perenang AS peraih 21 medali Olimpiade.

"Dia adalah yang terhebat," kata Schooling. "Dia sudah meraih banyak sekali dalam kariernya hingga sangat pantas bila mengidolakan seseorang sepertinya. Dia adalah pria sempurna untuk jadi inspirasi bagaimana mimpi bisa terwujud."

Kata Schooling, satu medali emas saja sudah terasa luar biasa. Dia tidak bisa membayangkan memiliki medali sebanyak Phelps.

"Jadi, tanpa Michael, saya rasa saya tidak akan bisa sampai ke titik ini. Saya ingin jadi seperti dia waktu kecil. Saya banyak memikirkan renang karena Michael. Dia adalah alasan saya ingin menjadi perenang yang lebih baik."

Schooling ingat perjumpaan pertamanya dengan Phelps di Singapura, sebelum Olimpiade Beijing 2007. Ketika itu tim renang AS datang ke tempat ia berlatih renang. Tiba-tiba, katanya, semua orang ribu kalau ada Michael Phelps di sana.

Ia mengingat betapa tak sanggup tersenyum saat foto dengan Phelps. Alasannya sederhana, ia sangat terpana bisa berdampingan dengan Phelps untuk berfoto.

PM Singapura Lee Hsien Loong menyampaikan ucapan selamatnya bagi Schooling lewat Facebook. Katanya, dia telah membuat Singapura sangat bangga.

"Kemenangannya luar biasa, karena ia bertanding melawan perenang terbaik dunia. Tetap fokus dan muncullah sebagai pemenang," kata Lee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement