Ahad 21 Aug 2016 21:02 WIB

Seleksi Selesai, Timnas Lakukan Pemusatan Latihan

Rep: Ali Mansur/ Red: Fernan Rahadi
Upacara HUT Kemerdekaan RI- ke-71 oleh pemain seleksi timnas Indonesia.
Foto: REPUBLIKA/Ali Mansur
Upacara HUT Kemerdekaan RI- ke-71 oleh pemain seleksi timnas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak 47 calon pemain tim nasional Indonesia telah mengikuti seleksi untuk menjadi bagian skuat Merah Putih di ajang Piala AFF 2016 nanti. Selanjutnya, pelatih Alfred Riedl akan mengumumkan 25 pemain yang lolos seleksi untuk memperkuat timnas Indonesia. Rencananya, 25 pemain itu akan menjalani pemusatan latihan untuk sebagai persiapan menjelang Piala AFF 2016 di Manila nanti. Namun, Riedl belum mengetahui lokasi pemusatan latihan dilakukan.

Selain itu, juga akan dijajal kemampuannya dalam laga uji coba menjamu timnas Malaysia di Stadion Manahan Solo, tanggal 6 September mendatang. Setelah itu timnas Indonesia kembali akan diuji kemampuannya melawan timnas Myanmar. Namun terkait ujicoba melawan Myanmar, Riedl belum mendapatkan kepastiannya.

"Kami akan menyiapkan beberapa pemain untuk melawan Malaysia pada awal September. Untuk melawan Myanmar belum tahu jadi atau tidak. Kalau jadi pemain yang sama dengan Malaysia akan kami persiapkan," kata Riedl di Stadion Pakansari Cibinong, Rabu (17/8).

Terkait hasil seleksi gelombang kedua yang dilangsungkan selama dua hari dari tanggal 17-18 Agustus, Riedl mengungkapkan sudah cukup puas dengan performa calon pemain timnas tersebut. Akan tetapi Riedl hanya memperbolehkan untuk memilih 25 dari 47 calon pemain tersebut. Bahkan Riedl menyebutkan ada sejumlah pemain yang membuat dirinya terkesima dengan kemampuannya.  "Kami sangat puas, ada banyak pemain muda, dan mereka menunjukkan kemauan untuk berada di tim ini," ujar Riedl.

Meskipun bakal pemain yang lolos seleksi akan diumumkan pada pekan ini, pihaknya masih akan terus memantau perkembangan anak asuhnya saat mereka tampil di Indonesia Soccer Championship (ISC). Riedl menegaskan dirinya tidak ingin menjelang Piala AFF 2016 bergulir, kondisi para pemainnya mengalami penurunan performa atau dilanda cedera. Dia berharap anak asuhnya bisa tampil all out pada Piala AFF 2016, seperti saat mereka membela klubnya masing-masing di ISC.

Sementara itu, Penjaga gawang Persib Bandung, I Made Wirawan, menegaskan siap bersaing dengan pemain lain termasuk kiper Persija Jakarta, Andrytani Ardhiyasa. I Made menyebutkan persaingan untuk menjadi pemain timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2016 cukup ketat. Selain dua kiper yang diseleksi pada gelombang dua, dia juga harus bersaing dengan penjaga gawang hasil seleksi sebelumnya.

Maka itu, kiper yang membawa Persib Bandung menjuarai Liga Super Indonesia (ISL) 2014 lalu itu bakal bekerja keras menunjukkan kualitasnya. Menurut dia, setiap pemain tidak hanya penjaga gawang dipastikan  akan mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk memikat sang pelatih, Alfred Riedl. "Yang penting saya sudah berusaha, semua pemain pasti all out pada seleksi ini," ujar I Made.

Meski demikian, I Made Wirawan tetap optimistis dirinya bakal lolos untuk menjadi bagian dari Skuat Garuda pada perhelatan AFF 2016 nanti. Latar belakang prestasinya saat menjaga gawang Maung Bandung yang menjadi alasan dirinya terpilih oleh Riedl. Apalagi, kata dia, tim pelatih tidak hanya melihat dari hasil seleksi saat ini tapi juga dipantau saat bermain untuk klub di ISC.

Selanjutnya, kiper yang pernah memperkuat Persiba Balikpapan itu mengatakan dirinya siap menerima apapun keputusan pelatih. Sebab bagaimanapun juga keputusan pelatih adalah yang terbaik untuk timnas Indonesia. Apabila dia terpilih sebagai pemain timnas, I Made akan tampil maksimal pada setiap laga. “Semua pemain pasti ingin berseragam Merah Putih. Saya selalu dan akan tampil maksimal pada setiap laga timnas,” ujar I Made.

Indonesia tergabung di Grup A pada ajang Piala AFF 2016.  Anak asuhan Alfred Riedl tersebut bakal bertemu dengan tim unggulan nomor wahid, Thailand. Kemudian Indonesia juga akan berhadapan dengan Singapura dan tim kuda hitam, Filipina. Sementara di Grup B dihuni oleh tuan rumah Myanmar, Malaysia, Vietnam, dan pemenang kualifikasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement