Sabtu 27 Aug 2016 20:21 WIB

Tekad Dortmund Amankan Tiga Poin

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Fernan Rahadi
Shinji Kagawa (kiri)
Foto: REUTERS/Ina Fassbender
Shinji Kagawa (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, DORTMUND -- Kompetisi tertinggi di tanah Jerman kembali bergulir usai libur panjang. Borussia Dortmund dan Mainz 05 akan bertemu pada laga perdana kompetisi Bundesliga, Sabtu (27/8). Partai tersebut diprediksi akan berjalan dengan sengit.

Die Borussien akan menjamu tamunya Mainz di Signal Iduna Park, Sabtu (27/8) malam. Berlaga di hadapan pedukung sendiri, tim Kuning-Hitam enggan menyia-nyiakan peluang untuk mengamankan tiga poin di laga pertama mereka.

Meski Mainz bukanlah tim superior seperti Bayern Muenchen dan Schalke 04, akan tetapi armada Thomas Tuchel harus mewaspadai permainan sporadis dari tim tamu. Terlebih ini merupakan laga perdana kedua tim. Bagi siapapun target kemenangan pertama sangat penting untuk mendongkrak kepercayaan diri.

Sebelumnya, Dortmund berhasil menyudahi kemenangan manis melawan Eintracht Trier di laga DFB Pokal dengan skor 3-0. Kemenangan ini tentu menjadi modal suntikan kepercayaan diri bagi Die Schwarzgelben yang akan mengukir kampanye pertama mereka di musim 2016/2017.

Tuchel mengingatkan para pemainnya agar tidak terlalu terbuai usai mengalahkan tim dari divisi tiga Jerman tersebut. Ia meminta agar Shinji Kagawa dan kawan-kawan selalu fokus pada laga-laga selanjutnya.

Namun pelatih berusia 42 tahun itu juga menyanjung penampilan skuatnya pada laga tersebut. Menurut dia, para pemain tampil sesuai dengan apa yang mereka dapatkan di tempat latihan. Keadaan itu juga menjadi gambaran bahwa Dortmund telah siap mengarungi musim baru dan bersaing dengan sang rival Bayern Muenchen.

"Hasil yang baik di DFB Pokal. Kemenangan tersebut tentu sangat membantu mental pemain jelang laga melawan Mainz," ujarnya dikutip laman resmi Dortmund.

Sementara itu, penjaga gawang Roman Weidenfeller menilai rekan setimnya memiliki motivasi besar untuk kembali bermain di laga resmi. "Kami berusaha keras untuk terus menjadi yang terbaik dan kami mencoba untuk berkonsentrasi di setiap laga," katanya.

Dalam laga melawan Trier, Weidenfeller mencatatkan rekor penampilan 434 kali di ajang kompetitif dan masuk dalam daftar pemain dengan caps terbanyak di Dortmund setelah Lars Ricken.

Sayang di laga malam nanti, Dortmund akan kembali tampil tanpa gelandang serang Mario Goetze yang mengalami cedera otot adductor saat sesi latihan sehingga Tuchel tidak ingin mengambil resiko untuk menurunkannya.

"Mario Goetze mengeluhkan sedikit masalah adductor setelah berlatih pada akhir pekan lalu. Sebagai langkah pencegahan, mungkin dia tak akan tampil pada laga melawan Mainz," ujar Tuchel.

Dengan demikian, posisi Goetze akan digantikan oleh Christian Pulisic. Pemain yang masih berusia 17 tahun tersebut tampil impresif saat timnya menang 3-0 atas Trier.

Di sisi lain, sang tamu Mainz bertekad agar tidak pulang dengan tangan hampa. Pasukan Die Nullfunfer diperkirakan bisa menyulitkan lawannya pada laga nanti. Pelatih Martin Schmidt berkomentar jika saat ini para pemainnya berada dalam kondisi kebugaran yang fit dan siap melakoni laga tandang di partai pembuka Bundesliga.

"Libur panjang musim panas dan laga pramusim memaksa kami melakukan sesuatu perubahan yang lebih baik. Pada beberapa sesi latihan terakhir telah menunjukkan jika saat ini kami berada dalam kondisi yang baik dan siap untuk bertandingan melawan Dortmund," kata Schmidt dilansir laman resmi klub tengah pekan lalu.

Meski hanya bermain imbang 3-3 melawan Untherhacing di laga DFB Pokal, pelatih berusia 49 tahun tetap optimis timnya akan menyulitkan permainan tuan rumah. "Meski ini terkesan seperti David versus Goliath, dengan segala perbedaan pemain saya yakin anak-anak mampu memberikan hasil akhir yang baik," tuturnya.

Senada dengan sang pelatih, bek tengah Niko Bungert menilai jika pertandingan sebelumnya bisa menjadi bahan evaluasi saat bertemu Dortmund. Mainz diminta agar tidak menunggu alur bola dan membiarkan Dortmund memiliki banyak peluang. "Kesalahan kami di laga melawan Unterhaching adalah membiarkan mereka memegang bola lebih lama. Itu tidak boleh terjadi saat bertemu Dortmund," katanya.

Rekor lima pertemuan kedua tim dari beberapa musim terakhir dikuasai oleh Dortmund yang mengantongi empat kemenangan. Sedangkan Maiz hanya mampu meraih satu kemenangan.

Lima Pertemuan Terakhir:

13/03/16    Dortmund    2-0    Mainz

17/10/15    Mainz    0-2    Dortmund

14/02/15    Dortmund    4-2    Mainz

20/09/14    Mainz    2-0    Dortmund

19/04/14    Dormtund    4-2    Mainz

Prediksi Susunan Pemain:

Borussia Dortmund (4-2-3-1)

Pelatih : Thomas Tuchel

Penjaga gawang : Roman Burki

Bek tengah : Papastathopoulos, Merion

Bek kiri : Park

Bek kanan: Piszczek

Gelandang tengah : Weigl, Sahin

Gelandang sayap kiri : Pulisic

Gelandang sayap kanan : Castro

Gelandang serang : Kagawa

Penyerang tengah : Aubameyang

Mainz 05 (4-2-3-1)

Pelatih :  Martin Schmidt

Penjaga gawang : Lossi

Bek tengah : Bell, Bungert

Bek kiri : Brosinski

Bek kanan: Donati

Gelandang tengah : Serdar, Rodriguez

Gelandang sayap kiri : Jairo

Gelandang sayap kanan : Blasis

Gelandang serang : Frei

Penyerang tengah : Cordoba

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement