Selasa 30 Aug 2016 08:31 WIB

Sayap Garuda Muda Siap Mengepak

Rep: Ali Mansur/ Red: Fernan Rahadi
Pelatiih Eduard Tjong bersama skuat Timnas Indonesia U-19
Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Pelatiih Eduard Tjong bersama skuat Timnas Indonesia U-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akhirnya pelatih tim nasional Indonesia, Eduard Tjong, telah memutuskan 23 pemain yang bakal menjadi skuat tim Garuda Muda pada ajang Piala AFF 2016 nanti. Terakhir arsitek yang akrab disapa Edu itu mencoret Samuel Cristianson yang berposisi sebagai full back. Praktis saat ini skuat Timnas U-19 ada 23 pemain dan sesuai kuota yang diberikan AFF kepada tiap negara kontestan AFF Cup U-19 di Hanoi, Vietnam 11-24 September mendatang.

Samuel dicoret karena dirinya masih ada rasa takut akan cederanya kambuh lagi. Saat pemusatan latihan di Sawangan ia terkena cedera lutut, meski sudah sembuh dirinya belum bisa maksimal selama pemusatan latihan di Yogya. Tim pelatih yang terus memantau Samuel selama di Yogyakarta akhirnya memutuskan mencoret Samuel. Siang ini juga Samuel dipulangkan ke Jakarta.

Akibat kekawatirannya, Samuel tak bisa menunjukkan performa terbaiknya dalam sesi pemusatan latihan selanjutnya yang bertempat di Yogyakarta. Edu Tjong juga membenarkan perihal pencoretan Samuel. Eks pelatih PS TNI ini juga membeberkan alasannya tidak ikut membawa Samuel ke Vietnam.

"Samuel sudah kita lepas. Dengan pertimbangan masih ada keraguan yang tampak, dalam permainannya. Samuel terlihat masih takut dengan bekas cidera di lututnya. Pastinya kami tak ingin mengambil resiko yang buruk untuk tim,"jelas  pelatih yang akrab disapa Edu itu, beberapa waktu lalu.

Meski sudah final tapi ada sesuatu yang membuat dirinya masih penasarab, karena sejumlah pemain tidak bisa mengikuti seleksi pemain karena tidak diperbolehkan opleh klub. Sekretaris jenderal PSSI Azwan Karim, yang mengatakan bahwa Persipura Jayapura dan Bali United tak bisa melepas pemain mereka untuk memperkuat timnas pada ajang Piala AFF U-19, September nanti.

Sebelumnya,  Eduard inginkan gelandang muda Persipura Jayapura Osvaldo Haay dan Marinus Marianto serta seorang pemain belakang dari Bali United untuk masuk jajaran skuat Garuda Muda. "Memang sudah ditolak oleh klubnya, mereka tidak bisa melepas karena ISC (Indonesia Soccer Championship) U-21 juga sudah jalan. Kami sudah pakai yang tersedia saja," ungkap Azwan kepada awak media, di Jakarta.

Pada Piala AFF 2016, Indonesia tergabung ke dalam grup B yang akan dihelat di Vietnam pada Vietnam, 11-24 September 2016. Di pertandingan pertama Grup B, Indonesia akan menghadapi Myanmar. Kekuatan antara Indonesia dan Myanmar bisa dikatakan relatif seimbang. Namun laga berat langsung dihadapi Indonesia di pertandingan kedua dan ketiga. Pada pertandingan kedua Indonesia akan bertemu Thailand, sedangkan di partai ketiga melawan Australia. Butuh perjuangan keras buat timnas U-19 yang dilatih Eduard Tjong untuk menghadapi dua negara.

23 pemain Timnas U-19 yang dibawa ke Vietnam:

Muhammad Riyandi (Kiper)    Barito Putera

Satria Tama Hardiyanto (Kiper)    Persegres Gresik

Awan Setho Raharjo (Kiper)    Persip Pekalongan

Arizky Wahyu Satria (Bek)    ASIFA

Bagas Adi Nugroho (Bek)    MSG

Jujun Saepuloh (Bek)    Persib

Ibrahim Sanjaya (Bek)    Persip Pekalongan

Habibi (Bek)    PS Bangka

Andy Setyo Nugroho (Bek)    Pusamania Borneo FC

Chrystna Bhagascara (Gelandang)    ASIFA

Satria Wardana (Gelandang)    Kwarta Medan

Hanif Abdurrauf Sjahbandi (Gelandang)    MSG

Syahrian Abimanyu (Gelandang)    MSG

Abdul Haris Tuakia (Gelandang)    PPLM

Edo Febriansah (Gelandang)    PPLM

Nevy Alexsander Dwaramury (Gelandang)    PPLM

Pandi Lestaluhu (Gelandang)    PS TNI

Asnawi Mangkualam Bahar (Gelandang)    PSM Makassar

Muhammad Alwi Slamat (Gelandang)    Semen Padang

Sandi Pratama (Gelandang)    PS Bangka

Saddil Ramdani (Gelandang)    ASIFA

Muhammad Rafli (Penyerang)    ASIFA

Muhammad Dimas Drajad (Penyerang)    PS TNI

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement