Selasa 06 Sep 2016 06:23 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

FIFA Izinkan Pemain dari Berbagai Negara Perkuat Timnas Kosovo

Pencetak gol Kosovo ke gawang Finlandia, Valon Berisha (kanan)
Foto: REUTERS/Jussi Nukari/Lehtikuva
Pencetak gol Kosovo ke gawang Finlandia, Valon Berisha (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, BERNE --  Kosovo mendapat izin untuk memainkan mantan pemain internasional Albania, Alban Meha dan Samir Ujkani, serta mantan pemain Norwegia Valon Berisha pada Senin (6/9), beberapa jam sebelum pertandingan internasional kompetitif pertama mereka.

Pemain-pemain itu diizinkan untuk berpindah kewarganegaraan oleh Komite Status Pemain FIFA, kata juru bicara.

Mereka telah memainkan pertandingan-pertandingan internasional kompetitif dan seharusnya tidak akan diizinkan untuk berganti tim. Namun, FIFA memberi perkecualian kepada Kosovo sebab federasi mereka baru diterima sebagai anggota pada Mei.

Kosovo bertanding melawan Finlandia di Stadion Veritas, Turku, Finlandia pada Selasa (6/9) dini hari WIB. Hasilnya, Kosovo mencuri satu poin setelah menahan imbang Finlandia 1-1. Valon Berisha mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai pencetak gol pertama Kosovo dalam laga kompetitif FIFA. Ia mencetak gol pada menit ke-60, membalas gol Paulus Arajuuri pada menit ke-18.

FIFA mengatakan pihaknya mengizinkan 12 pemain lain untuk bergabung dengan Kosovo, meski kelihatannya itu hanya akan menjadi sekedar formalitas belaka. Sebab tidak seorang pun di antara mereka pernah memainkan pertandingan internasional kompetitif di level senior untuk tim lain.

Mereka memasukkan Bersant Celina yang pernah bermain di level junior Norwegia dan sekarang sedang dipinjamkan Manchester City ke klub Belanda Twente Enschede.

Ujkani, yang bermain untuk tim Serie B Italia Pisa sebagai pemain pinjaman dari Genoa, telah 20 kali memperkuat timnas Albania dan bermain pada pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2010 dan kualifikasi-kualifikasi Piala Eropa 2012.

Pemain 28 tahun itu, yang tumbuh di Belgia dan menghabiskan seluruh karier profesionalnya di Italia, telah kehilangan tempatnya di tim yang kini dikuasai Etrit Berisha.

Meha (30) yang tumbuh di Jerman dan telah tujuh kali membela Albania, yang terakhir pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 menjamu Serbia pada Oktober.

Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia pada 2008, dan menghadapi perlawanan kuat dari Belgrade dalam upayanya untuk bergabung dengan badan sepak bola Eropa UEFA dan kemudian FIFA.

Gelandang Berisha (23), yang telah mencatatkan 20 penampilan untuk Norwegia, termasuk pada beberapa pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Ia lahir di Swedia dari orangtua yang merupakan imigran Kosovo, namun besar di Norwegia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement