Jumat 09 Sep 2016 16:23 WIB

Derby Manchester, Potensi Persaingan Iheanacho Vs Rashford

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Kelechi Iheanacho (kiri) dan Marcus Rashford
Foto: REUTERS
Kelechi Iheanacho (kiri) dan Marcus Rashford

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER—Duel dua tim Kota Manchester, United dan City, pada Sabtu (10/9) juga berpotensi jadi panggung pemain muda kedua tim. Meski dinobatkan sebagai dua tim paling boros pada bursa transfer musim panas lalu, namun Manchester United (MU) dan Manchester City punya bintang muda hasil binaan akademi.

Di kubu MU, ada Marcus Rashford dan di City, Kelechi Iheanacho. Kedua pemain yang pekan lalu menjalani jeda internasional fantastis ini tentu tak bisa dikesampingkan dari derby Manchester.

Rashford yang baru berusia 18 tahun dan Iheanacho setahun di atasnya sama-sama membuat debut musim lalu. Sejauh ini, statistik menunjukkan kedua pemain punya catatan baik selama berlaga.

Dikutip dari Oulala Statistic, Rashford sudah bermain dalam 12 laga dengan 874 menit bermain. Sedangkan Iheanacho 28 kali bermain tapi menit merumput lebih rendah, yakni 824 menit. 

Soal membuat kreasi, Iheanacho unggul dengan 16 kali berbanding Rashford tujuh. Soal dribel sukses, Iheanacho membuat 14 kali, unggul empat dari Rashford.

Perihal tembakan, Iheanacho yang pekan lalu membuat satu gol untuk negaranya, Nigeria sudah membuat 30 kali percobaan. Adapun Rashford, pemain yang membuat hattrick untuk Inggris U-21 akhir pekan lalu, baru membuat 19.

Catatan ini beirimbas kepada jumlah gol yang telah dibuat. Sejauh ini, Rashford menyumbang enam sedangkan Iheanacho delapan. Hanya, soal efektivias Iheanacho masih kalah dari Rahsford. Sejauh ini, Rashford punya persentase pemanfaatan peluang menjadi gol sebesar 32 persen, sedangkan Iheanacho 27 persen.

Menarik untuk menantikan pertemuan kedua pemain belia ini di lapangan. Iheanacho punya kans besar untuk bermain di Old Traffrod karena striker utama City, Sergio Aguero dipastikan absen karena dihukum larangan tampil tiga kali.

Sedangkan Rashford kadang kerap dimainkan sebagai kartu as oleh pelatih Jose Mourinho, seperti saat MU mengalahkan Hull City pada pekan ketiga Liga Primer Inggris. Rashford yang masuk dari bangku cadangan berhasil mencetak gol kemenangan 1-0 pada injury time.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement