Jumat 09 Sep 2016 20:30 WIB

Materazzi Beberkan Rahasia Sukses Mourinho

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Andri Saubani
Mantan bek Inter Milan, Marco Materazzi.
Foto: Forza Italian Football
Mantan bek Inter Milan, Marco Materazzi.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN – Mantan pemain Inter Milan, Marco Materazzi mengungkapkan rasa kagumnya kepada juru taktik Manchester United saat ini, Jose Mourinho. Ia pun menyebut ada lima rahasia sukses Mourinho sebagai pelatih. Matrix begitu sapaan akrbanya, menjelaskan, Mourinho adalah salah satu pelatih terbaik dunia disamping Josep Pep Guardiola, Carlo Ancelotti, Marcello Lippi, Antonio Conte, dan Jurgen Klopp.

“Jika lebih perspektif, Mourinho dan Lippi adalah yang terbaik, menurut pendapat saya, bukan karena hasil, tetapi karena saya bersama mereka secara dekat. Tapi saya tahu siapa Jose bahkan sebelum bertemu dengannya," katanya seperti dilansir Football Italia, Jumat (9/9).

Pengalaman pertama Matrix terhadap Mourinho muncul usai timnas Italia ditaklukkan Spanyol pada Piala Eropa 2008. Saat itu Materazzi menerima pesan singkat dari Mou bertuliskan, 'Saya menunggu Anda, sehingga kita bisa memulai kemenangan bersama-sama'.

Matrix pun menyebut lima rahasia di balik kesuksesan Mourinho antara lain dorongan, kepandaian, pengetahuan, pengalaman, dan empati. “Mourinho bisa mendorong atau menggerakkan pemain dan itu melipatgandakan energi mereka. Kepandaiannya adalah kala memprovokasi lawan,” kata Materazzi.

Pemain berusia 43 tahun itu, saat ini masuk dalam jajaran manajemen klub Liga Cina, FC Chennaiyin. Ia memperkuat Inter Milan pada Juni 2001 hingga 2011. Sebelumnya, Materazzi bermain untuk klub kecil Italia, Perugia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement