Selasa 20 Sep 2016 11:26 WIB

Gara-Gara Rio Ferdinand, Terjadi 'Twit War' Saling Klaim Nasi Goreng

Rep: Sri Handayani/ Red: Bilal Ramadhan
nasi goreng
Foto: foodspotting.com
nasi goreng

REPUBLIKA.CO.ID,  SINGAPURA -- Mantan pemain sepak bola asal Inggris, Rio Ferdinand, tanpa sengaja membuat geger media sosial di Indonesia dan Singapura. Sebuah cuitan yang menyebut nasi goreng sebagai makanan lokal Singapura ditanggapi serius oleh pengguna Twitter Tanah Air. 

Rio Ferdinand sedang dalam liburan akhir pekan untuk menonton Singapore Grand Prix, Sabtu (17/9). Ia mengunggah sebuah foto dirinya yang sedang menunjukkan nasi goreng, sembari masih mengenakan kimono putih. "Makan siang nasi goreng... Jaga makanan lokal #Singapura".

Cuitan ini mengundang reaksi pengguna Twitter di Indonesia. Mereka merasa, istilah 'nasi goreng' berasal dari bahasa Indonesia. Agung Prasetyo, dengan nama akun @Agungbusby menegur sang bintang dengan mengatakan, "Sebenarnya itu makanan Indonesia. Tidak ada istilah 'nasi' dan 'goreng' di Singapura."

Pengguna Twitter yang lain mengundang Rio ke rumahnya untuk mencicipi nasi goreng asli Indonesia. Komentar dari pengguna media sosial tanah air ini juga ditanggapi oleh orang Singapura dan Malaysia.

 

Menurut mereka, nasi goreng bisa ditemukan di mana saja dengan nama yang berbeda-beda, tidak hanya di Indonesia. Dalam bahasa Inggris, nasi goreng telah sangat dikenal dengan istilah 'fried rice'.

Aksi saling klaim ini kemudian dilerai oleh Rio Ferdinand. Ia mengunggah cuitan lain kemarin (19/9) dan mengatakan, "Apakah ada yang salah dengan tweet 'Nasi Goreng' saya? Santai, guys... 'lokal' di Asia Tenggara.. Tunggu trip saya ke Indonesia.. Selesai! 1love!".

Peristiwa ini mendapat perhatian dari media internasional. ABC News menyebut peristiwa ini sebagai perang terbaru memperebutkan kuliner dan warisan budaya antar negara tetangga. Pada 2009, protes dilayangkan ke Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta setelah negara tersebut mempromosikan tarian daerah khas Bali.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement