Rabu 28 Sep 2016 06:17 WIB
Liga Champions

Wenger Dapatkan Informasi Tentang FC Basel dari 'Orang Dalam'

Arsene Wenger (kiri) dan Granit Xhaka
Foto: Reuters/Andrew Couldridge
Arsene Wenger (kiri) dan Granit Xhaka

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal Arsene Wenger tahu banyak tentang Basel menjelang pertemuan timnya kontra tim asal Swiss ini. The Gunners akan menjamu Basel di Stadion Emirates, Kamis (29/9) dini hari WIB.

Wenger tak hanya mencermati informasi dari rekaman penampilan Basel selama ini di liga dan pentas Eropa. Lebih dari itu, pelatih asal Prancis ini mendapatkan masukan dari 'orang dalam', yakni Granit Xhaka dan Mohamed Elneny.

Granit merupakan jebolan akademi Basel. Ia memperkuat RotBlau dua tahun sebelum hijrah ke Borussia Moenchengladbach pada 2012. Sedangkan Elneny membela Basel tiga musim sebelum hijrah ke Stadion Emirates pada musim panas 2016.

Meski tak begitu banyak, informasi dari keduanya dinilai berguna. 

"Ya, tentu saja, (mereka telah membantu saya) sedikit. Karena Xhaka akan bermain melawan Xhaka besok, dan itu pada dasarnya urusan keluarga," kata Wenger dikutip dari laman resmi Arsenal, Selasa (27/9).

Granit yang beroperasi di tengah akan menghadapi abangnya Taulant Xhaka. Thaulant adalah bek andalan Basel. Wenger menduga keduanya mungkin saling menyimpan rahasia. "Tapi, tentu saja kami tahu Basel dengan baik karena kami membeli Elneny musim lalu dari Basel," kata Wenger.

Ia memuji Basel sebagai tim yang telah mendominasi Liga Swiss selama bertahun-tahun. Tim asuhan Urs Fischer ini memiliki hasil yang sangat bagus di Inggris dengan mengalahkan Manchester United dan Chelsea serta imbang kontra Liverpool. 

"Mereka tim yang terbiasa bermain di Liga Champions. Ini bukan pendatang baru atau pemula di Liga Champions, mereka memiliki pengalaman besar dalam kompetisi ini," ungkap Wenger.

Dengan pengalaman ini, kata dia, Basel sudah tidak terintimidasi lagi bermain di level tinggi. Ia memperkirakan Basel akan tampil tanpa beban dan akan membahayakan timnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement