Ahad 02 Oct 2016 17:57 WIB

Hanya Posisi Kiper dan Bek Tengah yang Belum Pernah Iniesta Mainkan

Rep: anggoro/ Red: Budi Raharjo
Andres Iniesta (tengah)
Foto: REUTERS/Paul Hanna
Andres Iniesta (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID,KATALAN -- Gelandang Barcelona, Andres Iniesta, akan melakoni laga ke-600 selama berkostum Barcelona. Laga tersebut bakal tercapai saat Barca berkunjung ke kandang Celta Vigo di Estadio Balaidos, Senin (3/10) dini hari WIB, dalam lanjutan matchday ketujuh La Liga.

Untuk urusan posisi, Iniesta terbilang fleksibel. Ia bisa dimainkan di posisi sayap kanan atau sama baiknya jika ditempatkan di sayap kiri. Selain itu, ia pernah mengemban tugas sebagai jenderal lapangan tengah, penyerang lubang, gelandang bertahan, dan bek saya di sisi kiri maupun kanan.

Menurut Iniesta, seperti dikutip reuters, posisi yang tidak pernah ia cicipkan adalah sebagai penjaga gawang, bek tengah, dan penyerang tengah. Posisi permainan posisional milik Barcelona dalam era Guradiola dan Enrique, superioritas jumlah dan menciptakan serta memanfaatkan ruang antarlini merupakan hal wajib.

Dalam hal ini, pemain yang mampu mengidentifikasi opsi umpan terbaik di antara dua sampai tiga jalur umpan yang ada merupakan hal yang harus dimiliki oleh tim adalah tugas Iniesta. Ia memiliki tugas untuk bergerak mencari ruang dan menemukan kawan terdekat untuk mempertahankan atau menciptakan formasi berlian atau setidaknya, formasi segitiga, di mana pun.

Jika Sergio Busquets, Lionel Messi, atau Xavi atau saat ini Rakitic berada di dekatnya, mereka cukup melakukan kombinasi umpan satu-dua di antara mereka, untuk kemudian mengantarkan bola ke lini serang. Bila ternyata diperlukan, Iniesta akan menggiring bola, menemukan ruang terbaik untuk masuk ke pertahanan lawan dan memaksimalkan strategi menyerang tim.

Bila memungkinkan, ia akan bergerak dari lini tengah, masuk ke lini di depannya, masuk ke dalam pertahanan lawan dan menciptakan gol. Lini tengah menjadi sangat penting bagi Barcelona dalam skema permainan.

Bukan tidak menganggap lini lain tidak penting, lini lain memiliki peran masing-masing. Namun, lini tengah menjadi lini terpenting karena gaya main Barca yang memiliki skema bermain dengan bola-bola pendek nan cepat.

Klasemen Liga Spanyol 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 8 7 0 1 25 16 21
2 Real Madrid Real Madrid 8 5 3 0 17 11 18
3 Villarreal Villarreal 8 5 2 1 17 2 17
4 Atletico Madrid Atletico Madrid 8 4 4 0 12 8 16
5 Athletic Club Athletic Club 8 4 2 2 12 4 14
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement