Rabu 05 Oct 2016 09:03 WIB

Xavi: Ballon d'Or 2016 Milik Ronaldo

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ilham
Xavi Hernandez
Foto: REUTERS/Albert Gea
Xavi Hernandez

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Mantan pemain FC Barcelona, Xavi Hernandez mengakui gelar pemain terbaik di dunia tahun ini bakal ke tangan bomber Real Madrid Cristiano Ronaldo. Pemain 36 tahun itu mengatakan, mega bintang asal Portugal tersebut punya nilai tertinggi meraih Ballon d'Or 2016.

"Cristiano (Ronaldo) punya angka kemenangan Ballon d'Or tahun ini," kata Xavi kepada Aspire Sport, seperti dilansir Espana Football, Rabu (5/10).

Pemain yang kini merumput di Liga Turki itu menerangkan, ada alasan objektif mengapa Ronaldo lebih berhak mendapatkan Ballon d'Or musim ini dibandingkan kandidat lainnya. Kata dia, Ronaldo berhasil membawa Real Madrid sebagai juara Liga Champions 2015/16.

Peran pemain 30 tahun itu bersama negaranya, berhasil membawa Portugal sebagai jawara di Piala Eropa 2016. Selain itu, baru-baru ini, Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) juga menobatkan mantan pemain Manchester United (MU) tersebut, sebagai pemain terbaik di Benua Eropa 2016.

Masih menurut Espana Football, komentar Xavi kali ini mengejutkan. Karena, selama ini Xavi tak sekalipun pernah menampakkan sikap dan penilaian persahabatan terhadap Ronaldo. Bahkan, baru-baru ini, dalam sebuah wawancara dengan televisi, Xavi terang mengatakan, pemain berangka punggung 7 tersebut, tak sebanding dengan striker FC Barcelona, Lionel Messi.

Akan tetapi, jika prediksi Xavi kali ini benar. Itu artinya persaingan Ronaldo dan Messi soal gelar pemain terbaik di dunia menipis. Messi, tercatat sudah lima kali menerima Ballon d'Or. Dan Ronaldo, tercatat baru tiga kali. Skor 4-5 penerima Ballon d'Or, pastinya membuat dua pemain tersebut, sebagai pesepakbola terbaik yang pernah ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement