Selasa 11 Oct 2016 06:07 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Rooney Dipastikan Jadi Cadangan Lawan Slovenia

Wayne Rooney (kiri) bersama pelatih timnas Inggris Gareth Southgate dalam konferensi pers.
Foto: Reuters/Carl Recine
Wayne Rooney (kiri) bersama pelatih timnas Inggris Gareth Southgate dalam konferensi pers.

REPUBLIKA.CO.ID, LJUBLJANA -- Kapten Inggris Wayne Rooney menerima ia tidak lagi menjadi pilihan pertama untuk klub atau negara. Rooney akan duduk di bangku cadangan dalam laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa antara Inggris kontra Slovenia di  Stadion Stožice, Ljubljana, Rabu (12/10) dini hari WIB.

Pelatih interim Inggris Gareth Southgate membangkucadangkan Rooney dengan alasan taktis. Rooney akan menyerahkan ban kapten yang biasa melingkar di lengannya kepada kapten Liverpool Jordan Henderson. Sementara posisi Rooney akan digantikan gelandang muda Tottenham Hotspur Eric Dier.

(Baca: Ini Alasan Southgate Cadangkan Rooney)

Rooney yang duduk berdampingan dengan Southgate dalam konferensi pers, Senin (10/10), mengatakan, dia dalam masa sulit.

"Ini sepak bola. Dia (Southgate) punya 23 pemain untuk dipilih. Saya telah bermain 13 tahun non-stop untuk Inggris dan memberikan segalanya dan waktu datang ketika nama Anda tidak dalam daftar pertama di lembar tim. Ini adalah kesempatan bagi pemain lain," kata Rooney seperti dikutip Reuters, Selasa (11/10).

Ia mengaku ingin berada di lapangan tapi tetap menerima keputusan Southgate. Apalagi, kata dia, peran sebagai kapten tidak akan berubah di luar lapangan. "Saya akan mendukung para pemain 100 persen dan mudah-mudahan kami bisa mendapatkan kemenangan," ujar Rooney.

Rooney, yang akan berulang tahun ke-31 akhir bulan ini, dicemooh oleh minoritas fan Inggris saat mengalahkan Malta 2-0 di Wembley pekan lalu. 

Pemain di luar kiper yang mencatatkan cap terbanyak untuk Inggris ini belakangan kesulitan menampilkan performa terbaiknya bersama Manchester United dan Inggris. Padahal ia berstatus sebagai top skorer sepanjang masa the Three Lions.

Rooney hanya mencetak satu dalam 12 pertandingan musim ini bersama Iblis Merah dan juga hanya mengemas satu dalam tujuh pertandingan internasional terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement