Selasa 11 Oct 2016 06:39 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Ini Alasan Southgate Cadangkan Rooney

Gareth Southgate (kanan) dan Wayne Rooney dalam konferensi pers timnas Inggris, Senin (10/10).
Foto: REUTERS/Carl Recine
Gareth Southgate (kanan) dan Wayne Rooney dalam konferensi pers timnas Inggris, Senin (10/10).

REPUBLIKA.CO.ID, LJUBLJANA -- Pelatih sementara Inggris Gareth Southgate akan membangkucadangkan Wayne Rooney dalam laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa kontra Slovenia di Stadion Stožice, Ljubljana, Rabu (12/10) dini hari WIB. Keputusan ini diungkap Southgate dalam konferensi pers, Senin (10/10).

Southgate menekankan, keputusan ini tak ada kaitannya dengan performa Rooney yang sedang tak prima. Ia mengatakan keputusan itu langsung diambil setelah melihat permainan Slovenia pekan lalu.

(Baca: Rooney Dipastikan Jadi Cadangan Lawan Slovenia)

"Saya punya gambaran profil pemain tengah di benak saya yang ingin saya mainkan dan dibutuhkan untuk pertandingan ini. Tak ada hubungan dengan penampilan Wayne lawan Malta, faktanya kami sangat senang dengan apa yang sudah diperbuatnya," kata Southgate, dikutip Reuters, Selasa (11/10).

Ia menegaskan, Rooney akan tetap menjadi kapten selama dia menjadi pelatih Inggris. Southgate dikontrak sementara untuk mendampingi the Three Lions dalam empat laga. 

Mantan bek timnas Inggris ini menyatakan sulit baginya membangkucadangkan pemain dengan profil tinggi seperti Rooney. "Ini keputusan sepak bola, berdasarkan lawan. Pada level manusia, ini keputusan yang sangat sulit karena saya tak suka orang-orang puas dia tak ada di dalam tim," jelasnya.

Southgate akan menempatkan Eric Dier menggantikan Rooney. Ban kapten di lapangan akan melingar di lengan Jordan Henderson.

Southgate mengatakan permainan Rooney dan Dier jelas berbeda. Jika Rooney bermain sedikit di belakang striker, maka Dier merupakan holding midfielder.

"Itu alasan keputusannya. Jelas, Eric akan bermain," kata Southgate.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement