Selasa 11 Oct 2016 13:08 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Kiprah di Liverpool Buat Henderson Dipilih Jadi Kapten Inggris

Jordan Henderson
Foto: REUTERS/Carl Recine
Jordan Henderson

REPUBLIKA.CO.ID, LJUBLJANA -- Pelatih sementara Inggris Gareth Southgate akan membangkucadangkan Wayne Rooney dalam laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa kontra Slovenia di Stadion Stožice, Ljubljana, Rabu (12/10) dini hari WIB. Keputusan ini diungkap Southgate dalam konferensi pers, Senin (10/10).

Sebagai gantinya, Southgate akan memasang gelandang Tottenham Hotspur Eric Dier. Sementara ban kapten akan dikenakan Jordan Henderson selama Rooney duduk di bangku cadangan.

Southgate mengungkapkan Henderson mendapatkan hak untuk menggantikan Rooney sebagai kapten Inggris untuk pertandingan ini, setelah berhasil melangkah keluar dari bayang-bayang Steven Gerrard di Liverpool.

(Baca: Ini Alasan Southgate Cadangkan Rooney)

Pemain berusia 26 tahun itu mengambil ban kapten Liverpool dari Gerrard yang meninggalkan klub pada 2015. Sejak itu, Henderson dinilai cukup mengesankan dalam melakoni perannya sebagai pemimpin di lapangan.

"Apa yang menonjol bagi saya adalah bahwa ia telah mengambil alih jabatan kapten klub di mana ia telah berhasil menggantikan salah satu pemain Inggris yang paling ikonik sepanjang masa," kata Southgate, dikutip ESPNFC, Selasa (11/10).

Southgate mengatakan ini akan menjadi tantangan yang sulit untuk Henderson. Tapi, ia menilai Henderson telah matang dan menunjukkan jiwa kepemimpinan yang besar bersama klubnya.

"Itu bukan keputusan yang mudah karena ada pemain senior lainnya di ruang ganti. Tapi, ia kapten klub sepak bola besar dan telah terbiasa mengemban tanggung jawab itu, jadi inikeputusan yang tepat bagi saya," ujar Southagte.

Pujian serupa juga disampaikan Rooney kepada Henderson. Menurut Rooney, Henderson merupakan pemimpin yang fantastis.

"Dia telah mengambil tugas sulit dari Steven Gerrard di Liverpool dan telah berkembang dalam posisi itu. Dia punya kualitas kepemimpinan luar biasa dan dia layak mendapatkan kesempatan," kata Rooney.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement