Rabu 12 Oct 2016 09:51 WIB

Adrian Mutu Pensiun, Siap Sebagai Pelatih

Rep: Febrian Fachri / Red: Andri Saubani
Adrian Mutu
Foto: EPA/Rungroj Yongrit
Adrian Mutu

REPUBLIKA.CO.ID, TARGU MURES – Mantan pemain Chelsea, Juventus, dan Fiorentina, Adrian Mutu mengumumkan pensiun sebagai pemain sepak bola. Mutu pensiun di salah satu klub di Liga Rumania, ASA Targu Mures. Ke depannya, pria berusia 37 tahun itu akan mengeluti profesi sebagai pelatih. “Saya akan fokus belajar menjadi pelatih. Dan akan memulai melatih pemain-pemain yunior,” kata Mutu, dikutip dari Football Italia, Rabu (11/10).

Selama beberapa bulan terakhir sembari membela Targu Mures, Mutu sudah mulai menyisakan waktu untuk kursus menjadi pelatih untuk bisa mendapakan lisensi dari UEFA. Pada akhir tahun ini ia mengakui sudah bisa mengantongi lisensi B. 

Dengan begitu, Mutu merasa dirinya sudah harus fokus meningkatkan kualitas menjadi pelatih. Yang salah satu caranya ia mulai meninggalkan aktivitas bermain. Mutu berharap apabila ia sudah memegang lisensi, ia dapat melatih salah satu tim besar Eropa. “Serius, tepat waktu dan disiplin akan jadi kunci saya untuk jadi pelatih,” ucap Mutu. 

Sebagai pemain, Mutu sudah malang melintang di berbagai klub Eropa. Serie A Italia adalah yang paling lama diikuti mantan striker Rumania itu. Di Italia ia pernah membela AC Parma, Inter Milan, Hellas Verona, Juventus, Fiorentina, dan terakhir Cesena. Mutu sempat dikenai skorsing dan dilarang tampil beberapa bulan karena ketahuan mengkonsumsi doping ketika membela Chelsea di Liga Primer Inggris. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement