Sabtu 15 Oct 2016 04:48 WIB

Surat FIFA Ungkap PSSI 'Sembunyikan' Hasil Rapat Exco Terkait Kongres

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Surat dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga yang meminta Kongres PSS digelar pada 10 November 2016 di Jakarta.
Foto: Istimewa
Surat dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga yang meminta Kongres PSS digelar pada 10 November 2016 di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat yang dikirimkan Sekjen FIFA Fatma Samoura mengungkap cerita menarik di balik keputusan mundurnya Kongres PSSI. Ternyata, para petinggi PSSI tak mengungkap hasil sebenarnya dari rapat Exco PSSI pada Kamis (13/10) malam.

Kepada awak media, Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan menjelaskan bahwa PSSI tetap pada keputusan semula dengan menggelar Kongres PSSI di Makassar pada 17 Oktober. Alasannya, ini merupakan hasil keputusan yang sudah dibuat oleh Exco dan jika tak dipatuhi akan melanggar Statuta PSSI pasal 29 ayat 2.

Hinca menegaskan perwakilan PSSI tetap akan berangkat ke Makassar untuk menemui delegasi FIFA yang juga akan hadir di sana pada Sabtu (15/10) ini.

Akan tetapi berdasarkan surat FIFA kepada Kemenpora, terungkap bahwa Exco PSSI sebenarnya sudah memutuskan kongres di Jakarta, merujuk pada kesepakatan dengan Menpora Imam Nahrawi pada Rabu (12/10) di Kemenpora. Saat itu, Jakarta ditetapkan sebagai tuan rumah kongres sebagai jalan tengah.

Namun, Exco PSSI menunda penyelenggaraan menjadi 10 November. Keputusan ini disampaikan kepada FIFA dan kemudian direstui. Sebab, FIFA mempertimbangkan pemindahan tempat kongres dari Makassar ke Jakarta dan persoalan logistik yang mengikutinya. Sehingga tanggal 10 November merupakan waktu yang masuk akal untuk menggelar kongres.

Akan tetapi FIFA mewanti-wanti agar kongres tidak lagi molor melewati tanggal yang sudah ditetapkan bertepatan dengan Hari Pahlawan tersebut.

Belum diketahui alasan PSSI 'menyembunyikan' hasil rapat Exco ini dan mengatakan hal berbeda kepada awak media. Sebab, mayoritas pemilik suara sudah siap mengikuti kongres di Jakarta pada 17 Oktober. 

Akan tetapi, sebelum surat FIFA ini muncul, salah satu anggota Exco PSSI Tony Aprilani yang dihubungi Republika.co.id pada Jumat sempat memberikan keterangan bahwa kongres di Makassar akan dibatalkan. 

"Ya iyalah, (kongres) di Makassar kan sudah nggak ada izin, ngapain juga dipaksakan di Makassar. Cuma kita ingin menghormati masyarakat Makassar, masyarakat Sulsel,” kata Tony.

Ia menyebutkan Exco PSSI akan mengunjungi Makassar untuk sowan kepada masyarakat setempat karena kongres tak jadi digelar di Makassar. Ia juga menyebutkan Exco PSSI akan menggelar rapat dengan delegasi FIFA dan AFC di sana pada Sabtu ini.

Namun, Tony juga tak secara eksplisit menjelaskan bahwa Exco PSSI sudah meminta FIFA agar dapat menggelar kongres di Jakarta pada 10 November.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement