Selasa 25 Oct 2016 09:34 WIB

Legenda Madrid Paco Gento Jadi Presiden Kehormatan Klub

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Paco Gento
Foto: EPA/ESTEBAN COBO
Paco Gento

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID — Legenda hidup klub Real Madrid Paco Gento dinobatkan sebagai Presiden Kehormatan Los Blancos. Keputusan ini diambil dalam sebuah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar Ahad (23/10) di Madrid.

Dilansir dari Football Espana, Senin (24/10), Presiden El Real Florentino Perez membenarkan kabar tersebut. Perez mengatakan dalam RUPS yang digelar Ahad itu, Gento mendapat sambutan hangat dari seluruh pemegang saham Real Madrid.

“Saya menceritakan pada Anda sosok luar biasa dan pemain besar yang bergabung dengan Real Madrid tahun 1953 dari Racing Santander,” tutur Perez.

Sejak bergabung dengan skuat El Real, Gento sudah melakoni 600 pertandingan bersama Madrid. Dia juga sudah mengantongi enam gelar Piala Eropa dan 12 gelar La Liga Spanyol. Pria yang saat ini sudha berusia 83 tahun menghabiskan sebagian masa sepakbolanya bersama klub Ibu Kota Spanyol. Gento membela Madrid selama 18 musim. Terpilihnya Gento ini mengisi kekosongan jabatan rekan setimnya, Alfredo Di Stefano yang telah meninggal dua tahun lalu.

Perez mengatakan, Paco Gento telah banyak melampaui rekor. Dia merupakan sosok yang mencerminkan nilai-nilai klub Los Galacticos. Gento akan tetap menjadi bagian dari Madrid dan akan selalu diingat seluruh Madridista di seluruh dunia.

“Saya tahu kebanggaan kami Alfredo Di Stefano juga akan bangga dia yang menjadi penggantinya sebagai presiden kehormatan,” ujar Perez.

Selama berseragam Madrid, Gento sudah menyumbangkan 182 gol untuk El Real. Gento juga menjadi satu-satunya pemain Real Madrid yang mampu mencatatkan sejarah sebagai pemain yang mampu meraih enam gelar Piala Eropa. Saat bergabung dengan Madrid, Gento saat itu masih berusia 19 tahun.

“Dia masih 19 tahun dan menghabiskan waktu di sini sebagai pemain selama 18 musim,” kata Perez. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement