Jumat 28 Oct 2016 13:31 WIB

Cannavaro: Ronaldo Layak Menangkan Ballon D'Or

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Cristiano Ronaldo
Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan bek Real Madrid, Fabio Cannavaro, menilai Cristiano Ronaldo pemain yang paling layak memenangkan penghargaan Ballon d'Or 2016.

"Ronaldo layak untuk memenangkan Ballon d'Or, tanpa diragukan lagi. Bahkan jika dia tidak mencetak gol dalam beberapa pertandingan terakhir, kita tidak boleh lupa semua yang telah ia lakukan tahun ini," kata Cannavaro, dilansir dari Marca, Jumat (28/10). 

Mantan bek timnas Italia itu juga mengaku terkesan dengan pekerjaan pelatih Madrid, Zinedine Zidane. Ia menilai Zidane mampu membalikkan keadaaan klub setelah masa kepelatihan Rafa Benitez. Menurutnya, Zidane telah berhasi mengelola tim dengan sangat cerdas. 

"Setelah Benitez, dia tetap sederhana, tidak begitu menciptakan sesuatu yang baru, tapi selalu membawa sukacita di tim," lanjutnya. 

Adapun terkait keputusannya untuk memulai karier kepelatihan, Cannavar mengakui ia tidak pernah benar-benar memiliki keinginan saat masih bermain. Menurutnya, itu menjadi suara hati yang muncul di kemudian hari. Saat ia pensiun sebagai pemain, ia  lantas pergi ke Dubai dan bekerja sebagai direktur olahraga. 

"Tapi akhirnya, sepakbola adalah sepakbola dan saya benar-benar menikmati diri saya sekarang dan saya fokus untuk meningkatkan metodologi saya," kata dia. 

Cannavaro kini melatih klub Cina, Tianjin Quanjian. Waktu yang ia habiskan dengan Los Blancos telah memainkan peran dalam awal kariernya sebagai pengatur dari tepi lapangan tersebut. 

Meskipun ia kini berada di Cina, namun pelatih berusia 43 tahun itu tidak ragu untuk berbagi soal ambisi dan keinginannya ke depan. Ia lantas mengungkapkannya mimpinya untuk melatih Real Madrid dan juga timnas Italia suatu hari nanti. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement