Sabtu 29 Oct 2016 16:15 WIB

Federasi Sepak Bola Guatemala Dibekukan FIFA

FIFA
Foto: EPA/STEFFEN SCHMIDT
FIFA

REPUBLIKA.CO.ID,  ZURICH -- Guatemala dibekukan dari sepak bola internasional setelah para petinggi federasi sepak bola negeri itu menolak mengakui komite yang dibentuk FIFA. Otoritas sepak bola dunia itu membentuk Komite Normalisasi untuk menangani sepak bola di negara itu, tapi mendapatkan penolakan.

Dengan adanya keputusan ini, maka tim nasional dan klub-klub negara itu tidak dapat ambil bagian pada kompetisi internasional, dan federasi tidak dapat menerima pendanaan dari FIFA.

FIFA mengatakan pihaknya mengintervensi federasi sepak bola Guatemala (FEDEFUT) pada Desember silam, membentuk Komite Normalisasi untuk menjalankan urusan-urusan FEDEFUT, menyelenggarakan pemilihan-pemilihan, dan memodernisasi statuta-statuta mereka.

Namun FIFA mengatakan bahwa komite itu tidak lagi beroperasi setelah pertemuan umum FEDEFUT menolak mandatnya pada Selasa. FIFA mengatakan, oleh karena itu Guatemala dijatuhi skors.

"Skors akan dicabut hanya jika pertemuan umum FEDEFUT meratifikasi perpanjangan mandat komite normalisasi sampai 31 Juli 2017," kata FIFA, Jumat (28/10).

Guatemala telah tersingkir dari kompetisi kualifikasi Piala Dunia 2018. Tim nasional mereka, yang belum pernah lolos ke Piala Dunia, menghuni posisi ke-38 di daftar peringkat FIFA.

sumber : Antara/REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement