Ahad 06 Nov 2016 00:13 WIB

Gol Injury Time Middlesbrough Gagalkan Kemenangan City

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Gelandang Middlesbrough Marten de Roon (baju merah) mencetak gol penyama kedudukan ke gawang Manchester City. The Boro menahan City 1-1 di Stadion Etihad, Sabtu (5/11).
Foto: Reuters/Carl Recine
Gelandang Middlesbrough Marten de Roon (baju merah) mencetak gol penyama kedudukan ke gawang Manchester City. The Boro menahan City 1-1 di Stadion Etihad, Sabtu (5/11).

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester City gagal memastikan tiga angka yang sudah di depan mata saat menghadapi Middlesbrough dalam laga pekan ke-11 Liga Primer Inggris. City ditahan imbang 1-1 oleh the Boro lewat gol penyama Marten de Roon saat injury time laga yang berlangsung di Stadion Etihad, Sabtu (5/11).

Tambahan satu angka membuat the Citizens tetap bertahan di puncak klasemen Liga Primer Inggris dengan nilai 24 dari 11 laga. Tapi, City hanya unggul satu angka dari pesaing terdekatnya, Arsenal dan Liverpool yang baru akan melakoni pertandingan pada Ahad (6/11). Posisi City terancam tergusur andai salah satu dari kedua tim itu berhasil memetik kemenangan.

Babak pertama mutlak menjadi milik City. Skuat Josep 'Pep' Guardiola mengurung area pertahanan Middlesbrough sepanjang 45 menit. Beberapa kali, City memiliki kesempatan untuk mencetak gol. Namun, penampilan kiper the Boro, Victor Valdes sangat memukau menjaga gawangnya.

Setelah upaya tak kenal lelah, gol yang dicari City akhirnya tercipta dua menit sebelum babak pertama berakhir lewat Sergio Aguero. Striker timnas Argentina ini berhasil menuntaskan umpan silang yang dikirim gelandang Kevin de Bruyne dari sisi kanan. Aguero lolos dari pengamatan pemain bertahan the Boro. Dengan kecermatannya, Aguero berhasil membelokkan umpan De Bruyne dengan sedikit sentuhan.

Determinasi City pada babak kedua sedikit berkurang. Faktor baru menjalani laga ketat di Liga Champions kontra Barcelona tampaknya berpengaruh. Walau tetap menghadirkan ancaman ke gawang tim asuhan Aitor Karanka, alur bola City sedikit lebih lambat. Alhasil, tim tamu yang tak berkutik pada babak pertama bisa memberikan perlawanan pada paruh kedua.

Pada menit ke-49, Boro berpeluang menyamakan kedudukan. Umpan yang ditujukan ke pemain nomor 14, Marten De Roon di sisi kiri pertahanan City berhasil dikontrol dengan baik. Roon tinggal berhadapan dengan kiper Claudio Bravo. Namun, tendangannya berhasil ditepis mantan kiper Barcelona itu. Bola muntah kembali ke pemain yang berposisi gelandang di Boro, namun tidak dapat dikuasai, sehingga bola keluar.

City membalas lewat Aguero membuat gerakan menawan pada menit ke-59 saat berhasil melewati empat pemain Middlesbrough. Ia menggiring bola dari tengah lapangan dengan melewati empat  pemain lawan. Namun sayang, di dalam kotak penalti, bola terlalu sulit dikontrol. Pergerakannya berhasil dihentikan pemain kelima yang dihadapi Aguero.

Kedua tim bergantian menghadirkan ancaman. City berpeluang menyudahi perlawanan tamunya pada menit ke-85, tapi sepakan Jesus Navas dari kotak penalti hanya melambung tinggi dan melebar.

Kegagalan ini harus dibayar mahal. The Boro berhasil menyamakan kedudukan pada saat injury time laga memasuki menit pertama. De Roon berhasil menuntaskan umpan silang George Friend dari sisi kanan pertahanan the Citizens dengan tandukannya yang tak bisa dihalau kiper Claudio Bravo.

Tambahan satu angka membuat Middlesbrough nasik satu tingkat ke posisi ke-14 dengan nilai 11.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement