Selasa 08 Nov 2016 19:55 WIB

Babak Pertama, Vietnam 1-1 Indonesia

Boaz Solossa (kiri).
Foto: Istimewa
Boaz Solossa (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Babak pertama laga uji coba timnas Indonesia kontra Vietnam telah berakhir. Hasilnya, Indonesia menahan tuan rumah 1-1 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (8/11) malam. 

Dalam laga pemanasan menjelang tampil di Piala AFF 2016 ini, pelatih Alfred Riedl menurunkan pemain naturalisasi Stefano Lilipaly. Riedl juga memainkan Irfan Haarys Bachdim di lini depan untuk mendampingi Boaz Solossa di depan.

Kehadiran Lilipaly dan Bachdim membuat timnas Indonesia lebih tajam dan cepat. Kecepatan inilah yang menghasilkan gol dari kaki Boaz pada menit ke-32.

Berawal dari tendangan bebas Vietnam yang dihalau barisan belakang tim Garuda, bola mendarat di kaki Evan Dimas Darmono. Sang playmaker melewati satu pemain Vietnam dan langsung menggiring cepat ke depan.

Melihat Lilipaly dalam posisi bagus berlari dari sayap kanan, Evan mengirimkan operan datar. Lilipaly kemudian membawa bola ke kotak penalti tanpa penjagaan ketat sebelum melepaskan tendangan menyilang. 

Bola sebenarnya masih bisa ditepis kiper Tran Nguyen Manh, tapi sikulit bundar mengarah ke Boaz yang sejak awal dalam posisi tanpa kawalan. Tanpa kesulitan, penyerang Persipura itu melepas tendangan kaki kiri untuk menjebol gawang kosong, 1-0 untuk Merah Putih.

Vietnam yang tak mau dipermalukan meningkatkan frekunsi serangan. Tuan rumah nyaris membalas pada menit ke-38 saat Nguyen Van Quyet berhasil merebut sapuan bola tak sempurna bek Indonesia di kotak penalti. Ia kemudian melepaskan tendangan yang hanya menerpa tiang kanan gawang.

Upaya Vietnam untuk menyamakan kedudukan berhasil pada menit ke-44. Mesin gol Vietnam Le Cong Vinh membobol gawang Kurnia Meiga Hermansyah lewat tandukannya memanfaatkan umpan tendangan bebas Dinh Thanh Trung. Bola mengarah deras ke sisi kanan bawa yang tak bisa dijangkau Kurnia Meiga.

Susunan pemain kedua tim:

Vietnam (4-3-3)

Tran Nguyen Manh; Tran Dinh Dong, Dinh Tien Thanh, Truong Dinh Luat, Vu Van Thanh; Dinh Thanh Trung, Nguyen Trong Hoang, Luong Xuan Trong; Le Cong Vinh, Nguyen Van Toan, Nguyen Van Quyet

Pelatih: Nguyen Huu Thang

Indonesia (4-4-2)

Kurnia Meiga Hermansyah; Muhammad Abduh Lestaluhu, Beny Wahyudi, Fachruddin Wahyudi Aryanto, Rudolof Yanto Basna; Andik Vermansah, Evan Dimas Darmono, Stefano Lilipaly, Rizky Rizaldi Pora; Boaz Solossa, Irfan Haarys Bachdim

Pelatih: Alfred Riedl

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement