Rabu 09 Nov 2016 10:43 WIB

FIGC: Kami tak Salah Memilih Ventura

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Giampiero Ventura
Foto: EPA/MAURIZIO DEGL'INNOCENTI
Giampiero Ventura

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Presiden FIGC Carlo Tavecchio mengatakan pilihan lembaganya mengangkat Giampiero Ventura sebagai pelatih tim nasional Italia sudah tepat. Menurut Tavecchio, Ventura memiliki kualitas di atas pelatih Gli Azzurri sebelumnya Antonio Conte. Karena Ventura sudah lebih dulu punya pengalaman dibandingkan Conte. 

“Ventura adalah guru buat Conte. Karena, ia sudah melatih ketika Conte masih jadi pemain,” kata Tavecchio, dikutip dari Football Italia, Rabu (9/11).

Tavecchio kembali menjelaskan sebelum Piala Eropa 2016 dimulai, Conte sudah mengutarakan niatnya untuk tidak memperpanjang kontrak untuk Timnas Italia. Karena, Conte mengaku sangat merindukan atmosfer melatih klub. 

Sejak saat itu, kata Tavecchio, FIGC langsung mengumpulkan daftar nama untuk menggantikan Conte. Dan, pilihan terbaik jatuh kepada Ventura yang saat itu masih menjadi pelatih Torino. 

“Kami tak lagi ragu dengan Ventura. Ia sudah memiliki trek rekor baik selama bertahun-tahun,” kata Tavecchio. 

Tavecchio pun kini sangat mendukung perubahan yang dibuat Ventura untuk timnas Italia. Termasuk mengganti formasi permainan dari 3-5-2 menjadi 4-2-4. 

Sejak menggantikan Conte, Ventura sudah menjalani empat laga. Tiga adalah laga resmi kualifikasi Piala Duia. Hasilnya Gianluigi Buffon dan kawan-kawan menang dua kali, imbang satu pertandingan dan satu berakhir imbang. Sepanjang kualifikasi Piala Dunia 2018 Italia belum terkalahkan. 

Selanjutnya laga Italia adalah melawan Liechtenstein di kualifikasi Piala Dunia 2018 dan beruji coba dengan Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement