Jumat 11 Nov 2016 08:26 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Uruguay Puncaki Klasemen Sementara Setelah Bungkam Ekuador

Sebastian Coates (kiri) merayakan golnya ke gawang Ekuador.
Foto: REUTERS/Andres Stapff
Sebastian Coates (kiri) merayakan golnya ke gawang Ekuador.

REPUBLIKA.CO.ID, MONTEVIDEO -- Uruguay untuk sementara memuncaki klasemen kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan. Kemenangan atas Ekuador 2-1 di Stadion Centenario, Montevideo, Jumat (11/11) membuat Luis Suarez dkk melewati Brasil.

Uruguay kini mengumpulkan nilai 23 dari 11 pertandingan. Tim asuhan Oscar Washington Tabarez hanya unggul dua angka atas Brasil. Namun, posisi Uruguay kemungkinan besar hanya akan bertahan beberapa menit saja dan akan kembali turun ke posisi kedua. Sebab, Brasil saat ini tengah unggul atas Argentina dalam pertandingan di Belo Horizonte.

Uruguay yang tak diperkuat Edinson Cavani unggul cepat pada menit ke-12 lewat Sebastian Coates. Sang bek tengah dalam posisi tepat saat menyambut sepak pojok Carlos Sanchez dengan kakinya.

Tim tuan rumah yang bernafsu menambah gol justru kebobolan lewat serangan balik pada menit ke-45. Setelah serangan la Celeste gagal, gelandang Renato Ibarra membawa bola dari bawah hingga ke tengah lapangan. Ia kemudian melepas operan menyusur tanah yang sempat terkena kaki pemain Uruguay, namun malah mengarah tepat ke kaki Felipe Caicedo. Dengan tenang Caicedo melepas tendangan menyilang untuk menaklukkan kiper Fernando Muslera.

Akan tetapi skor imbang ini hanya bertahan satu menit. Pada injury time, lagi-lagi Sanchez menjadi otak gol kedua. Lepas dari sisi kanan, ia melepas bola menyilang ke depan gawang. Si kulit bundar mengenai kaki Diego Rolan dan masuk ke gawang Esteban Dreer.

Angka 2-1 di papan skor ternyata bertahan hingga 90 menit. Sebab, meskipun kerap menghadirkan ancaman, Uruguay tak berhasil menambah gol. Begitu pula Ekuador yang kesulitan menembus pertahanan rapat dan disiplin tuan rumah. Atas hasil ini, Ekuador justru naik ke peringkat empat dengan nilai 17, unggul selisih gol dari Cile.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement