Sabtu 12 Nov 2016 05:03 WIB

Payet Kunci Kemenangan 2-1 Perancis atas Swedia

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Yudha Manggala P Putra
Dimitri Payet
Foto: EPA
Dimitri Payet

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Tim nasional (timnas) Perancis berhasil meredam perlawanan timnas Swedia di kandangnya sendiri, stadion Stade de France, Paris, Sabtu (12/11) dini hari dengan skor akhir 2-1. Sempat tertinggal satu angka dari penantang, tim Perancis berhasil membalikan keadaan hingga kemudian meraih kemenangan pada Piala Kualifikasi Piala Dunia Eropa.

Sejak 10 menit awal, kedua tim sudah saling menyerang. Bermain di kandang sendiri, membuat timnas Perancis asuhan Didier Deschamps tampil meyakinkan di depan publik. Namun, penampilannya mendapat perlawanan yang cukup kuat dari timnas Swedia.

Beberapa kali Swedia menguasai permainan dan mencoba membangun serangan. Namun, timnas asuhan Janne Andersson ini hanya mampu bermain di area tengah dan kesulitan menembus pertahanan tim Perancis.

Di menit ke-15, tim Perancis membuat jantung suporternya berdegup kencang. Tendangan yang dilesatkan Payet hampir saja berbuah gol karena berhasil ditepis oleh kiper Swedia, Olsen.

Hingga babak pertama usai, Perancis terus menusuk pertahanan Swedia tapi upayanya masih belum membuahkan hasil. Skor pada babak pertama pun masih imbang.

Skor kacamata pada pertandingan ini pertama kali dipecahkan oleh tim Swedia lewat tendangan yang dilesatkan oleh Forsbeg pada menit ke-54 ke sisi kanan gawang. Sepakan tersebut gagal dihalau kiper Perancis hingga akhir Swedia unggul sementara 1-0.

Namun, tidak berhenti di situ, tiga menit kemudian, gol tersebut langsung dibayar lunas oleh Paul Pogba usai memaksimalkan umpan yang diberikan Varane dari titik tendangan bebas dari sisi kiri gawang. Bola sempat mengenai tiang bagian dalam mistar gawang tapi bola tetap masuk hingga berbuah gol.

Skor laga hingga menit ke-57 pun menjadi imbang. Namun, Perancis terus melancarkan serangan di hadapan publiknya. Area pertahanan Swedia mengalami tekanan hingga akhirnya, pada menit ke-65, gawang Swedia tidak bisa diselamatkan lagi.

Pertandingan terus berlanjut hingga kemudian Dimitri Payet berhasil menyarangkan gol ke gawang Swedia yang dijaga Olsen dari dalam kotak penalti, pada menit ke-65, setelah menerima umpan pendek dari Griezmann. Skor laga pun berubah seketika dan Perancis berbalik unggul dari Swedia, dengan skor sementara 2-1.

Situasi yang dialami anak asuh Andersson tampak tertekan setelah Perancis sebagai tuan rumah berhasil membalikan keadaan hanya dalam waktu sekitar 11 menit. Apalagi, Perancis terus melancarkan serangan meski sudah mengunci satu angka.

Tim Swedia di menit terakhir merotasi pemainnya. Durmaz ditarik masuk untuk kemudian digantikan Pontus Jansson pada menit ke-87. Begitu pula dengan tim Perancis, Griezzman dibawa masuk oleh Deschamps untuk digantikan oleh N'Golo Kante. Rotasi pemain kedua tim makin menaikan tensi permainan tapi belum mampu mengubah hasil akhir, yakni 2-1 untuk kemenangan Perancis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement