Selasa 22 Nov 2016 19:50 WIB
Piala AFF 2016

Babak Pertama, Filipina 1-1 Indonesia

Rep: Gilang Akbar Prambadi/Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2016.
Foto: mediapssi
Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA--Babak pertama laga penyisihan Grup A Piala AFF 2016 antara Filipina dan Indonesia berakhir 1-1 di Stadion Olahraga Bocaue, Manila, Selasa (22/11). Gol Fachrudin Wahyudi dibalas oleh Misagh Bahadoran.

Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan dengan mengandalkan kecepatan para pemainnya. Hasilnya positif. Sebuah tendangan bebas didapat Indonesia usai terus membombardir pertahanan Filipina.

Gelandang timnas Garuda, Stefano Lilipaly mengambil sepakan. Pemain yang merumput di Liga Belanda itu mengumpan ke arah Fachrudin yang maju ke kotak penalti Filipina. Lewat tandukannya, pemain milik Sriwaijaya FC itu memaksa penjaga gawang Roland Richard Muller memungut bola dari sarangnya. Angka di papan skor berubah 1-0 pada menit ketujuh.

Lagi-lagi kecepatan Indonesia jadi masalah bagi Filipina. Menit ke-15, striker Indonesia, Boaz Salossa melakukan akselerasi dari sisi kiri pertahanan Filipina. Dengan kecepatannya, kapten Indonesia itu melepaskan umpan ke tengah, di sana Rizki Pora sudah menunggu di depan gawang yang sudah kosong. Namun, umpan Boaz bisa diblok lawan dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Tertinggal satu gol, membuat para pemain Filipina lebih giat melakukan serangan. Peluang Filipina menyamakan kedudukan sempat terjadi pada menit ke-23. Sepakan keras gelandang serang the Azkals, Misagh Bahadoran tepat mengarah ke gawang. Namun penjaga gawang Garuda Kurnia Meiga masih bisa mengantisipasi.

Pelanggaran yang dilakukan pemain tamu atas pemain tuan rumah di menit ke-30, menjadi kesempatan Filipina membalas gol. Tendangan bebas striker, Stephan Schrock mengarahkan bola ke depan gawang Kurnia Meiga. Sentuhan kaki kanan gelandang serang Misagh Bahadoran berhasil mengarahkan bola ke gawan Indonesia tanpa bisa dicegah Meiga. Skor menjadi imbang 1-1 pada menit ke-31.

Indonesia sempat kembali memimpin 2-1 lewat kemelut bola di depan gawang Filipina di menit ke-35. Namun, wasit Yu Ming-hsun dari Taiwan menganulir gol sang kapten Boaz Solossa. Sampai wasit meniup tanda rehat, skor imbang 1-1 mengakhir 45 menit pertama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement