Sabtu 26 Nov 2016 05:31 WIB
Piala AFF 2016

PSSI Bangga dengan Perjuangan Timnas Indonesia

Pesepak bola Indonesia Boaz Solosa (kiri) melepaskan tendangan ke arah gawang Singapura yang dikawal Hassan Abdullah Sunny pada laga putaran final Grup A AFF Suzuki 2016 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Jumat (25/11).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Pesepak bola Indonesia Boaz Solosa (kiri) melepaskan tendangan ke arah gawang Singapura yang dikawal Hassan Abdullah Sunny pada laga putaran final Grup A AFF Suzuki 2016 di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina, Jumat (25/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lolosnya timnas Indonesia ke babak semifinal Piala AFF 2016 setelah mengalahkan Singapura di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Jumat (25/11), disambut suka cita oleh masyarakat sepak bola termasuk induk organisasi sepak bola Indonesia PSSI

"Kita bersyukur dan bangga dengan perjuangan yang luar biasa dari Boaz dan kawan-kawan malam ini," kata Sekjen PSSI Ade Wellington saat dikonfirmasi melalui pesan layanan singkat.
 
Apa yang disampaikan oleh petinggi PSSI bukan tanpa alasan karena perjuangan untuk lolos ke semifinal cukup berat. Apalagi pada babak penyisihan Grup A, timnas Garuda berada dalam grup maut. Selain Singapura, Andik Vermansyah dan kawan-kawan harus menghadapi Thailand dan Filipina.
 
Bahkan, start timnas Garuda pada kejuaraan dua tahunan ini terbilang kurang bagus karena harus menyerah dari sang juara bertahan yaitu Thailand dengan skor 2-4 meski sebelumnya sempat mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Angin segar terhembus saat mampu menahan tuan rumah Filipina dengan skor 2-2.
 
Dengan modal satu poin, Indonesia memiliki peluang lebih besar dibandingkan tim lain. Penentuannya adalah melawan Singapura yang akhirnya dimenangkan timnas Indonesia dengan skor 2-1. Dengan kemenangan ini, timnas Garuda mampu mengumpulkan empat poin dari tiga pertandingan dan berada diposisi runner up Grup A. Lolosnya Indonesia ke semifinal ini juga dipengaruhi oleh kekalahan tuan rumah Filipina dari Thailand dengan skor tipis 0-1.
 
Thailand pada babak penyisihan Grup A ini mendapatkan nilai sempurna yaitu sembilan setelah memenangi tiga laga yang dipertandingkan. Selain menang 4-2 dari Indonesia, menang 1-0 dari Filipina, sebelumnya Negeri Gajah Putih ini menang melawan Singapura dengan skor 1-0.
 
Saat ditanya apakah akan memberikan apresiasi khusus pada Stefano Lilipaly dan kawan-kawan yang membawa timnas ke semifinal, Ade Wellington mengaku sudah mempersiapkannya. Hanya saja, pengganti Azwan Karim itu tidak menjelaskan dengan detail apa apresiasi yang akan diberikan.
 
Pada semifinal, Indonesia akan bertemu dengan juara Grup A dan pertandingannya dengan sistem home away pada 3 dan 7 Desember. Sedangkan Thailand akan berhadapan dengan runner up Grup B pada 4 dan 8 Desember.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement