Ahad 27 Nov 2016 14:51 WIB

PSSI Siapkan Empat Stadion untuk Semifinal Piala AFF

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Foto aerial kompleks Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Stadion ini menjadi salah satu opsi PSSI menggelar laga semifinal Piala AFF 2016.
Foto: Antara/Andika Wahyu
Foto aerial kompleks Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Stadion ini menjadi salah satu opsi PSSI menggelar laga semifinal Piala AFF 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) belum akan mengambil keputusan soal stadion laga semifinal putaran pertama Piala AFF 2016 antara Indonesia melawan Vietnam. Sekertaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ade Wellington mengatakan, federasi nasional akan memutuskan usai panitia penyelenggara kejuaraan sepak bola terbesar di Asia Tenggara itu, melakukan pengecekan kelayakan stadion-stadion di Tanah Air.

Meski begitu, Ade mengatakan, federasi nasional sudah merekomendasikan empat stadion kebanggaan di Indonesia agar bisa menghelat laga kelanjutan Piala AFF tersebut. "Mereka (Panitia AFF) tidak ada masalah dengan semua opsi stadion, kami akan memilih stadion yang paling representatif untuk menggelar pertandingan tersebut," kata dia, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Ahad (27/11).

Panitia AFF sendiri, Ade mengungkapkan, akan bertandang ke Indonesia, pada Senin (28/11). Dalam beberapa hari, kata Ade, panitia bersama federasi nasional, bakal mengunjungi stadion-stadion pilihan. Ade mengatakan, ada empat stadion andalan Tanah Air, yang bisa dijadikan kandang dalam laga tersebut. 

Empat stadion itu, yakni, stadion Maguwoharjo di Yogyakarta yang sudah berstandar internasional dan berkapasitas 30 ribu penonton. Alternatif di wilayah Jawa Tengah (Jateng) ada stadion Manahan di Solo yang juga bertaraf internasional dengan kapasitas tak kurang dari 25 ribu penonton.

Panitia AFF, diterangkan Ade juga mempertimbangkan kedekatan jarak antara kedatangan dan jangkauan stadion. Karena itu, diterangkan Ade, PSSI juga merekomendasikan dua stadion di Jawa Barat (Jabar), yakni stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang berkapasitas penonton mendekati angka 40 ribu.

Satu alternatif lainnya, yakni stadion Pakansari di Cibinong, Bogor yang juga bertaraf internasional dengan kapasitas penonton lebih dari 30 ribu orang. Jarak yang dekat dengan ibu kota Jakarta, menurut Ade lebih memungkinkan laga Indonesia melawan Vietnam dihelat di stadion Pakansari. "Pertimbangannya adalah jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta," ujar dia.

Wakil Ketua Umum PSSI, Djoko Driyono menambahkan, selain persoalan jarak tempuh para pemain tamu ke stadion, kapasitas penonton pun sebetulnya menjadi penentu. Namun, dia mengatakan, apapun hasil dari kunjungan panitia AFF bersama federasi nasional awal pekan ini, menjadi keputusan bersama tentang lokasi tuan rumah laga semifinal.

Indonesia, pengisi rangking kedua Grup A, bakal mengawali laga semifinal putaran pertama Piala AFF 2016 melawan Vietnam yang merupakan juara Grup B. Laga leg pertama kedua kesebelasan bakal berlangsung, Sabtu (3/12) mendatang. Leg kedua kedua timnas, akan berlangsung di Hanoi pada Rabu (7/11) mendatang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement