Ahad 27 Nov 2016 18:05 WIB

Filipina Puncaki Ranking Tertinggi FIFA di Regional ASEAN

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Para pemain Filipina saat melawan Indonesia pada babak penyisihan Grup A Piala AFF 2016, pekan lalu.
Foto: EPA/Mark R. Cristino
Para pemain Filipina saat melawan Indonesia pada babak penyisihan Grup A Piala AFF 2016, pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI – Peringkat timnas Filipina menanjak tujuh tangga di rangking Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Dalam pembaruan rangking dunia, Sabtu (27/11), skuat berjuluk the Azkal tersebut, berada di ranking ke-117. Posisi tersebut, membuat negara itu sebagai pemuncak sepak bola di kawasan Asia Tenggara.

Vietnam News Ahad (27/11), mengabarkan, ranking Filipina meningkat menggantikan Thailand yang semula sebagai pemimpin sepak bola di kawasan ASEAN. Sedangkan Thailand, usai gagal menang dari Australia dan mengalami hasil imbang 2-2 saat kualifikasi Piala Dunia 2018, awal bulan lalu, naik peringkat 17 tangga dan berada di peringkat 129 FIFA.

Negeri Gajah Putih itu, berbagi posisi dengan Vietnam. Tapi, menurut pemberitaan tersebut, Vietnam berada di posisi ketiga setelah Thailand yang berada di bawah Filipina. Sedangkan, posisi terkuat keempat di kawasan ASEAN, yakni Malaysia yang meningkat delapan tangga dan saat ini berada di rangking ke-156.

Timnas Singapura juga mengalami lompatan menjadi pengisi ranking ke-162 FIFA dan menjadi terkuat kelima. Sedangkan Laos, naik ke posisi 167 dari sebelumnya berada di rangking ke-175. Bagaimana nasib timnas Indonesia? Ternyata berada di ranking dasar. Skuat Garuda berada di ranking ke-179.

Meskipun timnas Indonesia berada di level terbawah di kawasan ASEAN, skuat Garuda di Piala AFF 2016, mampu mengatasi permainan sebagian negara-negara tersebut. Indonesia pun usai pencabutan sanksi FIFA tengah tahun lalu, belum sekalipun melakoni laga internasional. Pekan depan, skuat asuhan pelatih Alfred Riedl tersebut, bakal melakoni laga semifinal Piala AFF. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement