Selasa 29 Nov 2016 22:27 WIB

Mengenal Chapecoense, Tim yang 'Habis' Akibat Kecelakaan Pesawat (2)

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Tim Chapecoense.
Foto: REUTERS/Cristiane Mattos
Tim Chapecoense.

REPUBLIKA.CO.ID, Prestasi klub yang punya stadion bernama Arena Condá ini memang tidak terlalu mentereng sejak berdiri 43 tahun lalu. Mereka belum pernah menjuarai Liga Brasil di semua kasta. Namun, ada koleksi lima Piala Campeonato yang merupakan kompetisi lokal di wilayah Santa Catarina. Satu di antara lima titel itu mereka raih tahun ini.

Namun, tahun ini jadi kesempatan besar bagi Chapecoense untuk bisa membuktikan diri jadi yang terbaik di Copa Sudamericana. Sebelum masuk ke final, Chapecoense memulai perjalanan di turnamen ini dengan melakoni ronde kedua.

Mereka mengalahkan Brazilians Cuiaba dengan agregat 3-2. Nama Chapecoense mulai diperhitungkan ketika mengalahkan raksasa Argentina, Independiente dalam babak adu penalti pada babak 16 besar. Masuk ke babak perempat final, Chapecoense menaklukan Junior dengan agregat 3-1. Pada babak empat besar, mereka bisa meredam wakil Argentina, San Lorenzo setelah seri 0-0 di rumah sendiri, tapi bisa meraih hasil imbang 1-1 di kandang lawan.

Dengan unggul gol tandang, Chapecoense lolos ke final untuk bertemu Atletico Nacional. Sayang, sebelum melakoni leg pertama di markas Nacional, Estadio Atanasio Girardot, Medellin pada Rabu (30/11), pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan, Senin (28/11).

Pengamat sepak bola kenamaan asal Brasil, Tim Vickery menyebut Chapecoense sebagi tim yang sedang menyulam mimpi. Dia pun sedih karena tim yang sedang dipuji karena terus memperlihatkan prestasi meningkat ini harus menerima kenyataan pahit. "Ini sebuah tragedi yang jadi ironi yang kejam bagi mereka," kata dia dikutip dari Sky Sports News HQ, Selasa.

Dia mengatakan, andai bisa jadi juara Sudamericana yang setingkat Liga Europa di kancah Eropa, maka Chapecoense bisa mendapatkan pengakuan tertinggi sepanjang sejarah mereka.

"Sekarang mimpi besar itu sudah sirna karena kejadian yang sangat memukul ini, kami semua bersedih," kata dia.

Baca: Mengenal Chapecoense, Tim yang 'Habis' Akibat Kecelakaan Pesawat (1)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement