Kamis 08 Dec 2016 01:45 WIB

Boaz: ke Final Setelah 6 Tahun, Terima Kasih Rakyat Indonesia

Boaz Solossa
Foto: Republika/Wihdan
Boaz Solossa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Nasional Indonesia secara mengejutkan mampu lolos ke babak final Piala Aff 2016 setelah menumbangkan Vietnam dengan agregat 4-3 di babak semifinal, Rabu (7/12). Kapten Timnas Indonesia, Boaz Solossa mengucapkan rasa syukurnya.

"Ke Final setelah 6 tahun. Terima kasih rakyat Indonesia #AyoIndonesia #TimnasDay," kata Boaz melalui akun Twitter pribadinya, Rabu (7/12).

Indonesia melaju ke babak final usai menang agregat 4-3 dari dua partai semifinal kontra Vietnam. Indonesia menang 2-1 pada leg pertama di Cibinong, Sabtu (3/12) lalu. Pada leg kedua, Indonesia menahan Vietnam 2-2 lewat babak perpanjangan waktu.

Indonesia semestinya bisa mengakhiri laga lebih cepat andai bermain lebih pintar dan disiplin setelah mencetak gol lebih dulu pada menit ke-54 lewat Stefnao Lilipaly. Tapi, tim Merah Putih justru kebobolan dua kali saat Vietnam sudah bermain dengan 10 orang setelah kiper Tran Nguyen Manh diusir wasit pada menit ke-77.

Sebelumnya, Indonesia terakhir ke babak final pada Piala AFF 2010. Pada edisi ini, juara bertahan Vietnam gagal mempertahankan gelarnya, di mana Malaysia menjadi juara, setelah mengalahkan Indonesia dengan agregat skor 4-2 (menang 3-0 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, kemudian kalah 1-2 di kandang Indonesia, Gelora Bung Karno Senayan).

Saat turnamen ini masih bernama Piala Tiger, Indonesia juga pernah ke babak final selama tiga kali secara beruntun pada Piala Tiger 2000-2004. Pada Piala Tiger 2000 dan 2002, Indonesia dikalahkan Thailand. Sedangkan pada Piala Tiger 2004, Indonesia terpaksa harus takluk melawan Singapura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement