Sabtu 10 Dec 2016 22:46 WIB

Kontingen Renang Indonesia Bikin Kejutan di Thailand

Tim renang usia muda Indonesia bersama jajaran PB PRSI, sebelum diberangkatkan ke Thailand, Rabu (7/12). Mereka akan mengikuti SEA Age Group Swimming Championship ke-40 pada 9-11 Desember 2016.
Foto: REPUBLIKA FOTO/Gilang Akbar Prambadi
Tim renang usia muda Indonesia bersama jajaran PB PRSI, sebelum diberangkatkan ke Thailand, Rabu (7/12). Mereka akan mengikuti SEA Age Group Swimming Championship ke-40 pada 9-11 Desember 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK – Kontingen renang Indonesia membuat kejutan di kejuaraan SEA Ages Group Swimming Championship 2016 di Bangkok, Thailand, Sabtu (10/12). Indonesia berhasil mengumpulkan 16 emas, 14 perak dan enam perunggu pada hari kedua pelaksanaan turnamen.

Berdasarkan data yang diterima media di Jakarta, pencapaian Azzahra Permatahani dan kawan-kawan sudah melampaui pencapaian kontingen Indonesia pada kejuaraan yang sama tahun lalu yang hanya meraih 15 emas, 23 perak dan 18 perunggu. “Hingga hari ini, pencapaian medali sudah melampaui raihan kejuaraan yang sama tahun lalu. Ini menunjukkan sebuah peningkatan. Masih ada peluang medali bertambah," kata komandan kontingen yang juga Wakil Ketua Umum PB PRSI, Harlin E Rahardjo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Hingga hari kedua pelaksanaan kejuaraan kelompok umur ini, bukan tuan rumah yang berkuasa. Justru sang tetangga yaitu Vietnam yang mampu berada di puncak klasemen sementara dengan raihan 25 emas, 28 perak dan 22 perunggu. Sedangkan Thailand diposisi tiga dengan 13 emas, 12 perak dan 16 perunggu.

Singapura yang menjadi pengirim peserta terbanyak yaitu 70 orang menempati posisi empat dengan raihan 12 emas, sembilan perak dan 13 perunggu. Berikutnya Malaysia dengan tiga emas, dua perak, dan empat perunggu dan Filipina dengan satu emas, lima perak, 10 perunggu.

Dari 16 emas yang dikumpulkan kontingen Indonesia, lima di antaranya disumbangkan oleh Azzahra Permatahani. Perenang berusia 14 tahun ini bahkan mampu memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri pada nomor 400 meter gaya ganti perseorangan putri. Catatan waktu yang dibukukan oleh Azzahra yakni, 4 menit 24,01 detik atau lebih baik dengan waktu sebelumnya yang dicetak pada 10th Asia Swimming Championship di Jakarta, 20 November lalu yaitu 4 menit 24,21 detik. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement