Jumat 16 Dec 2016 16:25 WIB

Riedl: Skuat Indonesia akan Mengubah Sejarah

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Alfred Riedl
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Alfred Riedl

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Pelatih timnas Garuda Indonesia, Alfred Riedl, percaya diri skuatnya mampu mengandaskan Thailand dan meraih gelar Piala AFF 2016. Dia melihat gelar juara pertama bagi skuat Merah Putih sudah di depan mata. Tegas dia mengatakan, agar para pasukan Merah Putih merebut gelar juara piala sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Riedl menyampaikan, para pemainnya bakal habis-habisan untuk bisa menumbangkan Thailand di rumah sendiri. "Sejarah akan berubah. Saya akan mencoba meyakinkan untuk memenangkan gelar juara ini di Thailand," kata dia, saat konfrensi pers pralaga di Bangkok, Kamis (16/12).

Pelatih asal Austria itu percaya, optimisme serupa ada dalam diri para pemainnya. Apalagi,gelaran Piala AFF tahun ini dijadikan momentum kebangkitan sepak bola Indonesia usai mati suri akibat sanksi larangan tampil dari FIFA setahun lewat.

Selain itu, sejak Piala AFF digelar pada 1996 silam, skuat Garuda belum pernah mengangkat trofi di podium utama meski tercatat empat kali masuk final.

Bagi Riedl pun serupa, dua periode melatih pasukan Merah Putih pada 2010/2011 dan 2013/2014, juga belum pernah memberikan prestasi bergengsi bagi kesebelasan Indonesia. "Besok akan menjadi pertandingan yang sangat penting bagi kami. Dan, kami harus menang," sambung dia.

Thailand akan menjamu Indonesia pada leg kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12). Pada leg pertama di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12), pasukan Merah Putih berhasil menang 2-1 atas Thailand. 

Bagi Thailand, beradu di babak puncak melawan Indonesia, bukan sekali ini. Sudah dua kali kedua kesebelasan saling beradu di babak final, yaitu pada Piala AFF 2000 dan 2002. Tapi, Indonesia tak pernah berhasil mengalahkan Thailand.

Riedl melanjutkan, melawan skuat pelatih Kiatisuk Senamuang memang bukan laga mudah. Akan tetapi, kemenangan dua gol saat laga kandang, menjadi modal kuat bagi kesebelasannya bisa kembali meraih hasil positif. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement