Senin 26 Dec 2016 13:50 WIB

Upaya Balas Dendam Moyes di Old Trafford

Rep: Agus Raharjo/ Red: Andri Saubani
Pelatih David Moyes.
Foto: AP Photo
Pelatih David Moyes.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER—David Moyes akan kembali ke stadion Old Trafford jelang libur musim dingin Eropa 2017, Senin (26/12) malam WIB. Kali ini, Moyes akan datang dengan tim barunya, Sunderland untuk menghadapi Manchester United dalam laga ‘boxing day’ Liga Primer Inggris. Moyes bukan wajah baru bagi publik Old Trafford. 

Dialah pengganti Sir Alex Ferguson yang menyatakan diri pensiun dari jabatan pelatih United. Namun, nama Moyes dicap sebagai pelatih yang gagal mengangkat performa Wayne Rooney dan kawan-kawan waktu itu. Jangankan mengangkat, meneruskan permainan Ferguson saja Moyes tak mampu.

Padahal, sesama warga Skotlandia, Moyes yang sebelumnya melatih Everton diprediksi mampu meneruskan kesuksesan Ferguson di Manchester. Namun, Moyes justru dianggap merusak permainan United dan membuat tim Kota Manchester terpuruk. Itu sejalan dengan nasib Moyes yang akhirnya dipecat manajemen United. 

Durasi kontrak jangka panjang harus diputus hanya dalam waktu 10 bulan. Moyes dicampakan karena dianggap tak becus menjinakan skuat Iblis Merah. Ryan Giggs ditunjuk sebagai pengganti sementara dan pria Skotlandia dibuang kubu Old Trafford.

Kemapanan yang diraih Moyes selama menangani Everton harus rusak karena pinangan United ini. Setelah dibuang United, Moyes mendapatkan pekerjaan untuk melatih tim La Liga Spanyol, Real Sociedad. Di Spanyol, nasib Moyes juga tak beda saat menangani United. Moyes hanya bertahan selama 364 hari melatih Real Sociedad sampai akhirnya dipecat. 

Kini, pria 53 tahun kembali ke Liga Primer Inggris melatih Sunderland. Sejak Juli 2016 Moyes juga belum mampu mengangkat performa Sunderland. Timnya berada di zona degradasi, peringat 18, hasil mengumpulkan 14 angka dari 17 laga.

Melawan United, Sunderland seperti akan menghadapi tembok besar untuk mendapatkan angka. Terlebih United di bawah Jose Mourinho mulai menunjukkan grafik menanjak di Liga Primer. Kemenangan-demi kemenangan dicatatkan United. Tiga laga terakhir mereka juga dicatatkan dengan meraih tiga angka di tiap pertandingan. 

Akan sulit bagi Moyes untuk kembali menjinakkan skuat Iblis Merah. Sunderland memang memiliki bekas pemain United, John O’Shea dan Adnan Januzaj. Namun itu tidak cukup, keduanya adalah pemain buangan yang memang tidak diperlukan jasanya di Old Trafford. 

Namun, Moyes menjanjikan akan memberikan segalanya untuk dapat memenangkan pertandingan ini. Kekuatan mereka memang jauh di bawah United, namun mereka memiliki motivasi tinggi untuk mendapatkan kemenangan kelima agar keluar dari zona degradasi. “Kami sudah mendapatkan empat kemenangan dan kami harus terus memetik angka dan laga berikutnya melawan Manchester United menjadi satu yang sangat sulit,” tutur Moyes dikutip dari laman resmi Sunderland.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement