Kamis 29 Dec 2016 05:39 WIB

Tottenham Hotspur Pesta Gol di Kandang Southampton

Rep: Rahmat Fajar / Red: Israr Itah
Pemain Tottenham Hotspur Son Heung-Min (kiri) merayakan golnya ke gawang Southampton.
Foto: Reuters/Eddie Keogh
Pemain Tottenham Hotspur Son Heung-Min (kiri) merayakan golnya ke gawang Southampton.

REPUBLIKA.CO.ID, SOUTHAMPTON--Tottenham Hotspur membawa poin penuh dari kandang Southampton pada laga pekan ke-18 Liga Primer Inggris, Kamis (29/12) dinihari WIB. The Lilywhites menang 4-1 atas Southampton melalui dua gol Deli Alli, Hary Kane dan Son Hyeung-min. Sedangkan gol tunggal tuan rumah dicetak oleh Virgil van Dijk.

Hasil ini tak mengubah posisi Tottenham di urutan kelima klasemen. Namun, dengan nilai 36, tim asuhan Mauricio Pochettino kini menempel rival sekota Arsenal dengan terpaut satu angka. Tottenham juga menjauh tiga angka dari Manchester United di peringkat enam.

Sementara Southampton gagal mempertahankan posisi di tempat ketujuh dengan kekalahan ini. Southampton berada di urutan kedelapan dengan nilai 24.

Southampton sempat unggul cepat pada menit kedua melalui tandukan van Dijk. Pemain asal Belanda itu sukses memanfaatkan umpan lambung James Ward-Prowse dari sisi kiri pertahanan Tottenham.

Meski unggul, para pemain Southampton terus menyerang pertahanan tim tamu. Beberapa kali serangan mereka cukup mengancam gawang Lloris. Pada menit ke-16, Redmond nyaris menggandakan keunggulan tuan rumah jika tendangan kerasnya dari luar kotak pinalti tak menyamping tipis ke sisi kanan gawang.

Namun, Tottenham secara perlahan mulai menemukan bentuk permainnya. Hary Kane dan kawan-kawan mulai bisa melakukan serangan ke pertahanan Southampton. Dele Alli, Hary Kane dan Sissoko seringkali membahayakan gawang Southampton yang dijaga Foster.

Tottenham akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-19 melalui tandukan Deli Alli setelah menyambut umpan dari rekannya di sisi kanan pertahanan Southampton. Tandukan Alli tak bisa dijangkau oleh Foster. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, kedua tim langsung  saling melakukan serangan. Namun, justru tim tamu mampu membalikkan keadaan menjadu 2-1 berkat gol Hary Kane pada menit 52. Kane mencetak gol melalui tandukan kerasnya setelah menerima umpan lambung hasil dari sepak pojok Eriksen.

Tak ingin malu dihadapan pendukungnya sendiri, anak asuh C. Puel mengintensifkan serangan. Beberapa serangannya cukup merepotkan pertahanan Tottenham. Pada menit 54, sundulan Jose Fonte nyaris berbuah gol namun masih melambung di atas mistar.

Petaka menghampiri tuan rumah setelah wasit menunjuk titik putih pada menit 57 Deli Alli dilanggar Redmond dengan menarik kaosnya di kotak terlarang. Redmond pun langsung diganjar kartu merah.

Kane yang maju sebagai eksekusi gagal mencetak gol karena tendangan penaltinya melambung tinggi ke atas mistar. Unggul jumlah pemain, Tottenham semakin menekan pertahanan tuan rumah.

Son yang masuk sebagai pemain pengganti mampu mencetak gol ketiga tim tamu pada menit ke-85. Son berlari kencang setelah menerima umpan lambung dari belakang dan mampu menaklukkan Forster.

Dua menit berselang, Deli Alli mencetak gol keduanya setelah menerima assist dari Denny Rose. Skor 4-1 bertahan untuk kemenangan Tottenham hingga pertandingan usai. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement