Jumat 30 Dec 2016 10:32 WIB

Karanka: Saya Begini Karena Jasa Mourinho

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Aitor Karanka dan Jose Mourinho saat masih di Real Madrid pada 2012.
Foto: EPA/Victor Lerena
Aitor Karanka dan Jose Mourinho saat masih di Real Madrid pada 2012.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER – Pelatih Middlesbrough, Aitor Karanka mengatakan, dirinya bisa berkarier sebagai pelatih di klub Liga Primer Inggris karena jasa mentornya Jose Mourinho. Karanka merupakan asisten Mourinho selama tiga tahun di Real Madrid sejak 2010 sampai 2013. Keduanya berpisah ketika Mou dipulangkan oleh Chelsea. 

Saat itu juga Karanka menerima tawaran menjadi pelatih the Boro yang tengah berjuang di Divisi Championship. Kini, Karanka berhasil membawa Boro promosi ke Liga Primer Inggris. Akhir pekan ini ia akan membawa klubnya bertandang ke Old Trafford markas MU yang dilatih oleh Mou. “Saya bekerja dan belajar selama tiga tahun di Real Madrid bersama Mourinho. Jadi kenapa saya bisa sampai di sini? Itu karena jasa Jose Mourinho,” kata Karanka, dikutip dari Marca, Jumat (30/12).

Pertemuan di Old Trafford nanti akan jadi momen pertama pertemuan Karanka-Mourinho sebagai pelatih. Tapi pelatih 43 tahun tersebut menyadari dirinya sudah didikte oleh Mou. Pelatih asal Portugal itu, kata Karanka, sangat mengenal karakternya. Sehingga permainan the Boro nanti menurut dia sudah dibaca sejak awal oleh Mourinho.“Saya harus melakukan sesuatu yang berbeda. Karena Mou tahu gaya saya,” ucap Karanka.

MU kini ada di peringkat enam klasemen sementara Liga Primer Inggris. The Red Devils sedang dalam proses kebangkitan. Empat laga terakhir selalu disapu dengan kemenangan oleh Zlatan Ibrahimovic dan kawan-kawan. Sedangkan The Boro masih berjuang selamat dari zona degradasi. Alvaro Negredo dan kawan-kawan ada di peringkat 15 dengan nilai 18.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement