Jumat 30 Dec 2016 15:19 WIB

Formasi Bertahan Everton Tergantung Lawan

Rep: Agus Raharjo/ Red: Israr Itah
Ronald Koeman
Foto: REUTERS/Matthew Childs
Ronald Koeman

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Pelatih Everton, Ronald Koeman belum menentukan formasi lini belakang yang akan digunakan saat bertandang ke markas Hull City, Sabtu (31/12). Dalam skema yang biasa diterapkan Koeman, Everton selalu menggunakan empat pemain bertahan. Namun, saat mengalahkan Leicester City, pekan lalu, Everton menerapkan tiga bek di belakang.

Koeman mengungkapkan, perubahan strategi ini bukan hal luar biasa bagi skuatnya. The Toffees pernah menggunakan skema tiga bek di belakang pada awal musim saat bertemu dengan Tottenham Hotspur. Menurutnya, menghadapi tim dengan dua pemain depan di depan lebih maksimal menempatkan tiga bek di belakang.

“Ini memberikan sedikit ketenangan lebih pada tim dan kami menguasai lebih baik bola dari belakang,” tutur Koeman dikutip dari laman resmi Everton, Jumat (30/12).

Perubahan strategi ini terbukti berhasil saat mereka mampu mengalahkan juara bertahan Liga Primer Inggris, Leicester City di Stadion King Power. Melawan Hull City, Koeman kemungkinan akan mengembalikan formasi skuatnya dengan empat pemain belakang. Sebab, Hull City memiliki skema serangan yang hanya menempatkan satu penyerang di depan.

Namun, skema apapun yang akan diterapkan lawan, Everton akan mengikuti mereka untuk memenangkan pertandingan. Gelandang Everton, Gareth Barry mengungkapkan, selama pertandingan sang pelatih dapat melakukan perubahan skema permainan dengan beberapa pergantian yang dilakukan.

Hal itulah yang sudah dilakukan saat melawan Leicester City pekan lalu. Hal ini juga dapat dilakukan saat mereka bertemu Hull City pekan ini.

“Selama pertandingan kami dapat beradaptasi,” ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement