Selasa 03 Jan 2017 00:03 WIB

Dua Penalti Defoe Bawa Sunderland Tahan Liverpool 2-2

Jermaine Defoe (tengah) diapit dua pemain Liverpool.
Foto: Reuters/Russell Cheyne
Jermaine Defoe (tengah) diapit dua pemain Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool gagal mengamankan tiga angka pada laga pekan ke-20 Liga Primer Inggris melawan Sunderland, Senin (2/1). The Reds ditahan imbang 2-2 di Stadium of Light berkat dua gol penalti Jermaine Defoe.

Hasil ini membuat Liverpool gagal mendekati Chelsea. Tambahan satu angka membuat the Reds mengumpulkan nilai 44, masih terpaut lima angka dari Chelsea yang baru akan bermain pada Kamis (5/1) dini hari WIB, kontra Tottenham Hotspur.

Sementara Sunderland belum beranjak dari posisi ke-18 atau batas atas zona degradasi, The Black Cats mengoleksi nilai 15, terpaut satu angka dari Crystal Palace.

Meski berstatus sebagai tim tamu, Liverpool langsung menekan pertahanan Sunderland. Namun,justru tim tuan rumah membuka peluang lewat Defoe pada menit kelima. Tendangannya dari luar kotak penalti yang diarahkan ke kiri bawah berhasil diantisipasi oleh Simon Mignolet.

Liverpool langsung merespons lewat Daniel Sturridge dan Georginio Wijnaldum. Sepakan rendah Sturridge dan tendangan melengkung Wijnaldum berhasil dihalau kiper Vito Mannone.

Menit ke-13 Sunderland kembali mencoba memecah kebuntuan. Jack Rodwell melepaskan percobaan yang berhasil dimentahkan oleh Mignolet.

Laga ini seolah menjadi momen pembuktian kedua penjaga gawang setelah Mannone kembali mencegah gawangnya kebobolan pada menit ke-18. Kerja sama Roberto Firmino dengan Sturridge diakhiri dengan tendangan melengkung, tapi masih bisa ditepis Mannone dan berbuah sepak pojok.

Akan tetapi dari sepak pojok ini akhirnya gawang Mannone bobol. Tendangan sudut yang diambil Dejan Lovren dituntaskan oleh tandukan Sturridge dari jarak dekat.

Sayang, keunggulan the Reds hanya bertahan sebentar. Sunderlang langsung membalas melalui penalti Defoe setelah Ragnar Klavan menjegal Didier Ndong di kotak terlarang. Mignolet sudah bisa menebak arah bola dengan melompat ke kanan, tapi tetap tak mampu mencegah gawangnya kebobolan pada menit ke-25.

The Blacks Cats menyiakan peluang untuk unggul pada menit ke-28. Defoe lolos dari jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan Mignolet, tapi sepakannya masih bisa dihentikan. Bola rebound mengarah ke Fabio Borini tapi tendangan striker asal Italia ini melenceng.

Menit ke-38 giliran Liverpool berpeluang kembali unggul untuk kali kedua. Tapi upaya Sturridge berhasil digagalkan Mannone.

Liverpool yang unggul penguasaan bola hingga 72 persen kembali menggebrak sejak awal. Tapi upaya Firmino masih bisa digagalkan Mannone.

Gawang Mannone akhirnya jebol pada menit ke-72 lewat Sadio Mane. Ia meneruskan bola sepak pojok yang berusaha dihalau oleh Ndong, tapi justru menuju ke arahnya. Tanpa kawalan di depan gawang, pemain timnas Senegal ini dengan mudah mencetak gol.

Mane yang tampaknya akan menjadi pahlawan menjadi pesakitan saat ia handball di kotak terlarang saat menghalau tendangan bebas. Wasit Anthony Taylor memberikan penalti kedua yang kembali sukses dieksekusi oleh Defoe pada menit ke-84.

Sisa waktu normal ditambah lima menit injury time tak mampu dimaksimalkan Liverpool untuk kembali mencetak gol. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement