Ahad 08 Jan 2017 19:01 WIB

Kongres PSSI Tetapkan Program Timnas Indonesia

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2016.
Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kongres Tahunan PSSI  2017 menetapkan sejumlah agenda timnas Indonesia sepanjang tahun ini. Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi menyampaikan, penunjukan pelatih, perekrutan pemain, serta pemusatan latihan timnas menjadi satu paket strategis yang bakal dijalankan pada 2017.

Edy mengatakan, program timnas paling prioritas yaitu menyangkut SEA Games 2017 pada Agustus. Sesuai aturan terbaru, tim yang akan bertanding harus berisi pemain U-22. Pelatih tim ini nantinya juga akan menukangi timnas senior.

Komite Eksekutif (Exco) PSSI akan memutuskan satu dari dua pelatih asing, yakni Luis Milla Aspas dan Luis Fernandez.

"Paling lambat akan kita putuskan besok (Senin 9/1). Kalau perlu, malam ini  akan kita putuskan," ujar dia.

Sekertaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ade Wellington menambahkan, usai penunjukkan pelatih akan digelar seleksi pemain. "Januari dan Februari nanti seleksi tahap pertama harus sudah dilakukan," kata Ade.

PSSI menjadwalkan traning camp, dilakukan bertahap sebanyak dua kali. Tiga bulan pertama, sejak Februari sampai April, program tersebut akan dilakukan di dalam negeri. Pemusatan latihan tahap kedua, pada Mei sampai dengan Juli, akan berlangsung di luar negeri. "TC kedua timnas harus ke Spanyol," ujar dia.

Usai gelaran SEA Games, giliran timnas U-19 yang bakal disibukkan dengan persiapan Piala AFF U-19 di Myanmar pada September. Penunjukkan pelatih U-19 dilakukan berbarengan dengan pelatih timnas senior. Perekrutan pemain, pun dijadwalkan serupa. Yang berbeda, yaitu saat pemusatan latihan. 

Timnas U-19 akan melakukan training camp dalam negeri sejak Juni sampai Agustus. Kesebelasan tersebut, pun dijadwalkan melakukan pemusatan latihan luar negeri menjelang Piala AFF U-19 2017. Thailand, menjadi negara yang bakal dikunjungi. Timnas U-16 juga bakal mengikuti Piala AFF U-16 di Thaliand pada Juli. 

"Program-programnya sama. Tapi penjadwalanya saja yang  menyesuaikan. TC untuk U-16 ini, akan dilakukan di Singapura, Juli nanti," sambung Ade. Selain menyetujui program timnas Garuda di semua level, PSSi juga menyepakati pembentukan timnas Garuda Putri yang akan mengikuti Piala AFF Wanita pada Juli 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement