Selasa 10 Jan 2017 06:05 WIB

Ini Syarat Pelatih Timnas Menurut Abduh Lestaluhu

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Abduh Lestaluhu
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Abduh Lestaluhu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu pemain timnas Indonesia pada Piala AFF 2016 Abduh Lestaluhu mendukung rencana PSSI dalam memilih pelatih untuk skuat Garuda. Terlepas dari sosok yang akan dipilih merupakan pelatih asing atau lokal. 

Tapi, ia menilai harus ada syarat yang mesti dipenuhi sang pelatih agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Menurut Lestaluhu pelatih terpilih haruslah orang yang benar-benar mau mengenal lebih dekat kultur sepak bola Indonesia.

"Tidak masalah dengan pelatih asing. Asalkan mau belajar banyak tentang sepak bola Indonesia. dan rajin berkeliling untuk melihat bakat-bakat dari seluruh pelosok negeri," kata Lestaluhu, kepada Republika.co.id, Senin (9/1).

Pemain asal Tulehu tersebut memprediksi, siapa pun pelatih timnas selanjutnya apakah itu Luis Milla atau Luis Fernandez tidak akan jauh beda dengan Alfred Riedl. 

Yang harus benar-benar dimanfaatkan oleh pemain Indonesia kata dia adalah pengalaman pelatih tersebut yang terbiasa dengan permainan dan pola latihan yang rapi, terstruktur, dan disiplin. 

Nama besar pelatih menurut Lestaluhu juga akan menambah motivasi pemain untuk berjuang.  "Pengalaman, cara latihan, harus kita adopsi. Saya harap yang terbaik buat timnas," ujar Lestaluhu. 

 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 5 4 1 0 9 7 13
2 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 5 4 1 0 6 4 13
3 PSM Makassar PSM Makassar 5 3 1 1 8 5 10
4 Persib Bandung Persib Bandung 5 2 3 0 9 4 9
5 Bali United Bali United 5 2 2 1 5 2 8
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement