Selasa 10 Jan 2017 06:18 WIB

'PSSI Harus Siap Bayar Mahal untuk Rekrut Pelatih Asing'

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Luis Fernandez
Foto: EPA/Oliver Weiken
Luis Fernandez

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat sepak bola Rayana Djakasurya mempertanyakan kesiapan PSSI mendatangkan pelatih asing untuk timnas Indonesia. Dua nama yang sedang diincar oleh PSSI adalah bekas pelatih Spanyol U-21 Luis Milla dan mantan pelatih Paris Saint-Germain Luis Fernandez. 

Menurut Rayana, pelatih kualitas Eropa sudah pasti akan meminta bayaran yang sangat tidak sedikit. 

"Pelatih yang punya banyak pengalaman di Eropa pasti mahal. Kita harus membayar banyak untuk ilmu dan pengalaman yang ia miliki," kata Rayana, kepada Republika.co.id, Senin (9/1).

Rayana sebenarnya mendukung langkah PSSI ini untuk mendatangkan pelatih asing berkualitas. Pengamat yang lama tinggal di Italia ini menilai, untuk melatih tim Garuda memang belum ada pelatih lokal yang punya kapasitas yang diharapkan. 

Dia Indonesia banyak mantan pemain timnas yang beberapa sudah menjadi pelatih. Tapi, menurut dia, itu belum cukup. Rayana ingin Indonesia belajar dari Thailand yang dapat menjadi juara AFF dengan pelatih lokal. 

"Sebaiknya memang pelatih lokal. Tapi sekarang belum ada yang memenuhi kriteria. Langkah PSSI ingin mendatangkan pelatih asing ini tepat," ucap Rayana. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement